Try Sutrisno : Pramuka Rumahnya Pancasila

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Try Sutrisno menilai, komitmen Pramuka dalam menjaga Pancasila tidak perlu diragukan lagi. Sejak dibentuk, Pramuka memang memiliki semangat dan cita-cita menjadikan Indonesia negara yang berkarakter dan bermental kuat. Karena itu, kata dia, Pramuka tak ubahnya seperti rumah bagi Pancasila.

“Pramuka itu seperti rumah, memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengamalkan Pancasila,” ungkap Try usai menghadiri acara Buka Puasa Bersama Kwarnas Gerakan Pramuka, di Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (9/6).

Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno menandaskan, satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia ini sudah banyak membantu pemerintah dalam menangkal paham atau prilaku anak muda yang menyimpang di masyarakat. Seperti narkoba, tawuran, seks bebas, dan lain-lain.

“Jadi Pancasila bukan barang asing di Pramuka. Yang penting sekarang, dalam perjalanan Pancasila harus sering dikawal, dipantau dan tetap diteruskan karena zaman terus berganti,” tegasnya.

Mantan Panglima TNI ini berharap, Pramuka bisa memberikan contoh yang baik di masyarakat, tidak ikut terpancing dan terbawa arus pemikiran yang justru akan merusak dan merugikan bangsa.

“Harapan saya Pramuka menjadi salah satu contoh bagi bangsa ini untuk menumbuh-suburkan NKRI dan Pancasila ini. Terutama Pancasila sebagai pegangan bangsa Indonesia. Mari kita pahami Pancasila lebih dalam, kita hayati dan kita amalkan dalam perbuatan nyata,” pungkasnya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *