Wasbang Sebagai Pemersatu Masyarakat dan TNI

  • Whatsapp
staf Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) Analis Madya Nik Militer Dirjen Pothan Kemhan Kolonel Inf Supri Widodo

SUMENEP, beritaLima – Bertempat di Posko Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-104 Kodim 0827 Sumenep di balai desa Larangan Kerta Kecamatan Batuputih, Komandan Satgas TMMD yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada warga masyarakat Larangan Kerta Kamis siang 14 Maret 2019.

Wasbang dalam rangka TMMD 104 Kodim 0827 Sumenep di lokasi Larangan Kerta Kecamatan Batuputih Sumenep

 

Hadir pada kesempatan itu hadir dari staf Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) Analis Madya Nik Militer Dirjen Pothan Kemhan Kolonel Inf Supri Widodo, bidang bela negara Dirjen Pothan Kemhan Mayor Inf Soekmo Margo W.

Komandan Satgas TMMD yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna mengatakan, bahwa kegiatan TMMD ke-104 ini merupakan program nasional, pelaksanaannya tidak hanya fisik, tapi kegiatan non fisik juga dilaksanakan seperti pemberian wawasan kebangsaan kepada warga masyarakat ini, kali ini kita jelaskan tentang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ada empat pilar kebangsaan yang mutlak harus diketahui dan dipahami oleh warga negara, yaitu terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan juga Bela Negara bagi masyarakat tidak harus dengan mengangkat senjata, akan tetapi dengan berupaya menjaga keutuhan NKRI dan mengisi kemerdekaan ini dengan segala perbuatan yang positif”, ujar Letkol Ato Sudiatna.

Lanjut Dansatgas dalam paparannya menyampaikan, bahwa Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, sehingga tugas kita sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dari segala macam hal ancaman baik dalam maupun luar negeri.

“Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar”, paparnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Sosialisasi terkait Pemilu legislatif dan pemilihan presiden yang akan digelar pada 17 April mendatang oleh KPUD Sumenep dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan yang dipandu oleh Tim dinas kesehatan kabupaten Sumenep.

Sebelum acara berakhir, juga dilaksanakan Bhakti sosial berupa penyerahan bingkisan sembako kepada masyarakat desa Larangan kerta diserahkan oleh staf Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) Analis Madya Nik Militer Dirjen Pothan Kemhan Kolonel Inf Supri Widodo, bidang bela negara Dirjen Pothan Kemhan Mayor Inf Soekmo Margo W. Komandan Satgas TMMD yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0827 Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *