Wawako Bersama BLH Palembang Uji Langsung Bio Gas Kelurahan Sukodadi

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Pemerintah Kota Palembang melalui Badan Lingkungan Hidup berhasil melakukan terobosan baru, mengubah kotoran sapi dan limbah tahu menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu bio gas yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kotoran sapi dan limbah tahu yang selama ini menjadi barang yang tidak berharga bahkan kerap menjadi masalah karena pencemaran, Pemkot Palembang malah menjadikan benda tersebut susuatu yang bermanfaat.

Melalui alat yang dibuat, kotoran sapi dan limbah tahu disulap menjadi bio gas yang dapat berguna untuk menyalakan kompor, sehingga bisa untuk memasak, dan bisa juga untuk menyalakan lampu.

Penemuan ini telah di uji coba di Kelurahan sukodadi Kecamatan Sukarami, Selasa (1/11).

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda bersama tim dari BLH secara langsung meninjau dan menguji coba alat tersebut.

Dari uji coba yang dilakukan Wawako, berhasil menyalakan kompor melalui gas dari kotoran sapi, dan Fitrianti Agustinda menggoreng telor.

Fitrianti Agustinda mengungkapkan pemanfaatan kotoran sapi dan limbah tahu merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, bahkan masyarakat dapat menghemat sampai ratusan ribu dalam satu bulan jika menggunakan alat ini, “Ini sungguh luar biasa, temuan baru yang dapat dimanfaatkan lamgsung masyarakat, bayangkan saja, dari kotoran 3 ekor sapi saja bisa menyetok gas untuk satu rumah, selain dijadikan bio gas, kotoran sapi dan limbah tahu ini juga bisa dibuat pupuk” Ungkap Fitrianti Agustinda.

Lebih lanjut Fitrianti mengatakan kedepan akan terus dikembangkan dan diupayakan seluruh kelurahan dapat menikmatinya, “jika di Kelurahan tersebut ada ternak sapi atau pabrik tahu, bisa kita manfaatkan, nanti manfaatnya bisa dirasakan bersama” Ujar Fitrianti.

Selain meninjau alat bio gas, Fitrianti Agustinda juga menijau bank sampah yang terletak di Kelurahan Sukodadi RT 06.

(Nn)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *