Wujud Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas), Kadiskes Sergai Kunjungi Balita Nazwa

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI, beritalima.com,- Kepala Dinas Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit di dampingi Kabid Kesmas drg. Tatik Iswandari sersama staf dan Camat Teluk Mengkudu M. Fahmi mengunjungi Nazwa Amalia yang akrap disapa Nazwa bocan 3,5 tahun yang tiga tahun lebih terbaring sakit di kediamannya di Dusun II, Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sergai Selasa (13/3) sekira pukul 09:00 WIB.

Usai kunjungan ke Kediaman kedua Orang Tua Nazwa Kadis Dinkes dr. Bulan Simanungkalit kepada beritalima.com,- mengatakan kedatangan mereka merupakan wujud Gerakan Empati Masyarakat Sakit (Gemas) dan mengetahui secara pasti apa sebenarnya keluhan masyarakat yang menderita sakit.

Ditambahkan , dr. Bulan juga mengatakan gizi buruk Nazwa tidak murni pada keterbatasan ekonomi, tidak murni karena masalah metabolisme tubuh tapi ada masalah pada otaknya, dalam hal ini dikatakan Bulan Dinkes akan kembali melakukan konsultasi kepada dokter spesialis RS. Sultan Sulaiman dengan menugaskan para puskesmas untuk memberikan stimulan secara kekat.

“ Memberikan stimulan yang di butuhkan Nazwa adalah asupan gizi, psiotrafi dan juga penanganan serta apa penyebabnya Nazwa suka kejang sekarang ini para puskesmas membantu membrikan subsidi dari pada susu formula dan di butuhkan Nazwa sesuai penyakitnya sejauh ini Nazwa juga mendapat pelayanan puskesmas, RS. Sultan Sulaiman dan RS. Grand Medistra Lubuk Pakam” ucap dr. Bulan Simanungkalit.

Sementara itu Ismail mengatakan anak bungsu dari tiga bersaudara ini sejak lahir dalam ke adaan normal, namun setelah berumur 3 bulan terlihat kelainan dimana Nazwa setiap malam rewel dan suka menangis dan sulit untuk makan untuk asumsi tubuhnya Ismail memberikan susu, namun semakin lama tubuh Nazwa semakin mengecil dan tidak seperti tubuh anak seusianya.

Kesehariannya, Nazwa hanya terbaring dan berdiam beralaskan bantal di kepala tubuhnya sangat sulit untuk di gerakkan sekali-sekali mata Nazwa berkdip suara yang dihasilkan hanya rintih dan terkadang menangis “ Berobat secara medis sudah cukup berobat di luar medis juga sudah kami lakukan namun hingga saat ini belum ada kesembuhan namun harapan sembuh itu tetap ada sama kami” ucap Ismail didampingi istrinya Kurnia.

Sementara itu M. Fahmi camat Teluk Mengkudu menyambut baik program GEMAS, ia mengatakan Nazwa selama ini tetap mendapat perawatan” Kami sempat kaget kok ada gizi buruk namun ternyata penyakit lain namun kami tetap berkordinasi kepuskesmas” Kata M. Fahmi.

” Kita akan selalu berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Sialang Buah maupun Dinas Kesehatan Sergai untuk melakukan perawatan kesehatan untuk si Nazwa Amalia. Ini awalnya ada penyakit cairan diotak makanya mengalami gizi buruk dengan kondisi badannya kurus. Kami juga mengapresiasi pihak media yang telah menjadi sosial kontrol,”ujar Camat M.Fami

Seperti pantuan Dilokasi , Kedatangan rombongan Kadiskes Sergai dr. Bulan Simanungkalit didampingi Camat Teluk Mengkudu M.Fami dan Kepala Puskesmas Sialang Buah dr.Hendri Yanto Ginting menyambangi kediamanya yang disambut Ismail (29) dan Nanda Kurnia (29) tak lain kedua orang tua Nazwa untuk memberikan bantuan susu formula dan roti untuk Nazwa dan memberikan saran kepada kedua orang tuanya untuk tetap rutin melakukan pengecekan terhadap Nazwa.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr.Bulan Simanungkalit,M.Kes didampingi Camat Teluk Mengkudu Muhammad Fahmi dan Kepala Puskesmas Sialang Buah dr.Hendri Yanto Ginting beranjak menuju kediaman Muhammad Azli (7) warga Dusun IV Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu yang menderita Leukomia, putra dari pasangan suami istri, Heliani (26) dengan Misriadi (28).(Sugi)

Kadiskes Sergai dr. Bulan Simanungkalit bersama staf dan camat Teluk Mengkudu M. Fahmi saat mengunjungi kediaman Nazwa.FOTO/SUGI

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *