XL Luncurkan Penawaran Program PUB Baru

  • Whatsapp
Ki-ka: Direktur Komersial XL Axiata Allan Bonke, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, Presdir XL Axiata Dian Siswarini, Direktur Finansial XL Axiata, M Adlan bin Ahmad Tajudin dan Direktur Corporate Strategy & Bussiness Development XL Axiata, Abhijit Navalekar.

JAKARTA, beritalima.com – XL Axiata memulai penawaran awal/book building 2 program penawaran umum baru untuk Obligasi (PUB I Obligasi) dan Sukuk Ijarah (PUB II Sukuk). Keduanya adalah Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan target dana masing-masing sebesar Rp 5 triliun.

PUB II Sukuk Ijarah merupakan program PUB Sukuk Ijarah dengan target dana terbesar yang akan diterbitkan korporasi sepanjang 2018. Pada book building kali ini, XL Axiata akan menawarkan PUB I Obligasi Tahap I/2018 (Obligasi) dan PUB II Sukuk Ijarah Tahap I/2018 (Sukuk) kepada masyarakat, dengan nilai penerbitan masing-masing sebanyak-banyaknya Rp 1 triliun untuk Obligasi dan Sukuk.

XL Axiata secara konsisten menerapkan Agenda Transformasi 3R, yaitu Revamp the Core, Rise Up the Value Ladder, dan Re-invent Way to Play dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi data pilihan di Indonesia. Strategi jangka panjang tersebut ditambah dengan manajemen biaya efektif dan manajemen keuangan yang sehat telah menghasilkan posisi keuangan yang kuat.

Kini XL Axiata memiliki fleksibilitas keuangan dalam meraih dana dari pasar modal melalui PUB ini. Guna mendukung ambisi XL Axiata memperluas pasar data telekomunikasi di Indonesia.
Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan menyatakan, XL Axiata bertujuan fokus dalam pengembangan bisnis layanan data. Dimana saat ini merupakan kontributor terbesar dan pendorong pertumbuhan perusahaan. XL Axiata secara konsisten memperluas infrastruktur data di Indonesia, terutama di luar Jawa untuk mendorong pertumbuhan pengguna data di seluruh Indonesia.

“Hal ini perlu didukung rencana pendanaan yang solid. Karena itu, kami percaya, PUB Obligasi dan Sukuk Ijarah yang baru akan memberikan salah satu alternatif pendanaan dan memungkinkan kami membangun portofolio hutang yang lebih kuat,” katanya, Kamis (13/9/2018).

Program PUB baru ini bertujuan mendanai belanja modal yang direncanakan XL Axiata dalam meningkatkan kapasitas dan memperluas jaringan serta meningkatkan kualitas layanan. Ini sebagai perwujudan komitmen XL Axiata untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya, seiring visi XL Axiata, yaitu “Menjadi Penyedia Layanan Telekomunikasi Data Pilihan Pelanggan”.

Dengan mendapatkan initial rating AAA dari PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch) atas Obligasi dan Sukuk Ijarah yang ditawarkan pada PUB ini. Menggambarkan XL Axiata memiliki kemampuan keuangan yang relatif sangat baik dalam membayar kewajibannya di masa mendatang.

Terkait penerbitan Obligasi dan Sukuk Ijarah ini, di mana initial rating diberikan Fitch kepada XL Axiata dengan mempertimbangkan dukungan induk, yaitu Axiata Group Berhad, tingkat leverage yang stabil, pemulihan EBITDA yang relatif baik, serta belanja modal yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan XL Axiata di masa mendatang.

XL Axiata menawarkan kombinasi Obligasi dan Sukuk untuk menjangkau basis investor yang lebih luas. Sekaligus mendukung Pemerintah dalam mengembangkan sektor keuangan syariah di Indonesia.

Pada penawaran Obligasi dan Sukuk Ijarah kali ini, XL Axiata menunjuk PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Joint Lead Underwriters).
XL Axiata akan melaksanakan book building 13-27 September 2018, dan menargetkan untuk melakukan Penawaran Umum 9-11 Oktober 2018. Serta dapat mencatatkan Obligasi dan Sukuk ini pada Bursa Efek Indonesia pertengahan Oktober 2018. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *