Zulkifli Hasan Minta KAHMI Pelopor Jadikan Pancasila Pandangan Hidup

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Sebagai negara yang berdasarkan Pancasila, Ketua MPR RI mengajak seluruh anak bangsa Indonesia mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, Kesatuan Aksi Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), diharapkan menjadi pelopor dan menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara.

“Perilaku yang ber-Pancasila adalah yang disinari cahaya illahi sehingga dalam mengamalkan Pancasila bakal melahirkan perbuatan yang memanusiakan manusia dan memperkuat persatuan. KAHMI harus berperan di sini,” tegas Zulkifli Hasan pada simposium HUT KAHMI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (12/9).

Sebab, kata Ketum PAN itu, sejak 1945 bangsa Indonesia sudah memiliki gagasan ke depan. Soekarno, Hatta, dan para cendekiawan lainnya sudah memikirkan demokrasi, keadilan, kemanusiaan, kesejahteraan dan peradaban bangsa.

“Pikiran para pendiri bangsa itu semua termuat dalam dasar negara dan konstitusi, Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Sementara bangsa lain masih menyusul 20 tahun kemudian,” kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Padahal, lanjut Zulkifli, para cendekiawan itu berbeda asal-usul, agama, suku, aliran politik dan seterusnya. Namun, tetap bersatu dan memberi keteladanan yakni persatuan. “Kasimo dan M. Natsir misalnya berbeda agama dan partai politik, tapi mereka tetap bersahabat, bersatu untuk Indonesia.”

Sejauh itu menurut Zulkifli, Indonesia merdeka ini mempunyai tujuan bersatu, berdaulat, menciptakan keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat. “Dan, pileg dan pilpres ini sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan tujuan itu,” tutur Zulkifli lagi.

Karena itu dia menyayangkan jika pemilu 2019 ini bertentangan dengan cita-cita dan tujuan Indonesia merdeka tersebut. “Jadi, sangat memprihatinkan kalau pemilu 2019 ini justru akan membuat perpecahan sesama anak bangsa,” demikian Zulkifli Hasan. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *