10 Cara Melancarkan BAB Agar Tidak Mengejan Keras Lagi

  • Whatsapp

Cara melancarkan BAB penting dimengerti khususnya ketika Anda merasa susah untuk buang air besar seperti sembelit. Biasanya sembelit dipicu karena pergerakan usus yang lambat sehingga perjalanan tinja jadi ikut melambat di usus. Selain karena faktor tersebut, pembuangan tinja yang tidak menyeluruh alias tidak tuntas kemudian kering dan mengeras juga bisa menjadi salah satu penyebab sembelit.

Pergerakan usus yang melambat tidak terjadi begitu saja, bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin kurang Anda perhatikan seperti berikut:
– Jarang makan sayur dan buah sehingga kekurangan serat
– Pola makan dan gaya hidup yang berubah dan kurang sehat
– Mengonsumsi obat-obatan yang menimbulkan efek negatif seperti sembelit
– Sering menahan buang air besar
– Kurang berolahraga/ bergerak
– Sedang dalam kondisi hamil atau habis melahirkan
– Kurang cairan/ jarang minum sehingga dehidrasi
– Efek samping obat-obatan seperti antidepresan, obat diuretik, dan antibiotik

Akibat sembelit tidaklah main-main, kalau dibiarkan berlama-lama malah akan menyebabkan ambeien atau wasir, prolaps rectum (usus yang keluar dari anus akibat terlalu ekstrim berusaha mengeluarkan tinja yang keras), dan luka di dinding usus.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempraktekkan cara melancarkan BAB yang keras dengan tips-tips yang aman dan tanpa efek samping membahayakan seperti pembahasa di bawah ini.

10 cara melancarkan BAB yang keras dan susah dikeluarkan

Jangan khawatir kalau Anda susah buang air besar, karena ada beberapa cara melancarkan BAB yang macet dengan menerapkan:
1. Biasakan diri untuk tidak menunda-nunda buang air besar
Akan sangat baik jika kita BAB tiap hari, jadi jangan kebiasaan menunda-nunda untuk buang air besar padahal keinginan tersebut sudah terasa. Memang terkadang karena kesibukan, kita sering menunda untuk buang air besar padahal hal tersebut berakibat buruk dan bisa membuat kita jadi susah BAB nantinya. Bahkan akan lebih baik sebelum beraktivitas, di pagi hari kita membuang air besar terlebih dahulu setiap hari.
2. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat
Salah satu penyebab susah BAB yang paling umum adalah karena kekurangan asupan serat. Kita tidak suka atau jarang makan sayuran dan buah padahal mereka adalah sumber serat tinggi yang menyehatkan. Cobalah mulai sekarang biasakan diri untuk mengikutkan buah dan sayur maupun biji-bijian yang tinggi serat seperti: wortel, kubis, pepaya, bayam, aprikot, dan kacang-kacangan.
3. Olahraga secara teratur
Kurang bergerak dan beraktivitas menyebabkan susah buang air besar, padahal olahraga sangat penting sebagai cara melancarkan BAB yang efektif karena dapat merangsang pergerakan dan kinerja otot-otot di dalam usus. Dengan begitu tinja akan bisa keluar lebih cepat dan mudah.
4. Jangan keseringan duduk terlalu lama
Keseringan duduk terlalu lama khususnya bagi Anda pekerja kantoran yang tiap jam harus duduk di depan komputer untuk bekerja, kebiasaan ini dapat menyebabkan sembelit. Jadi, biasakan setelah duduk berjam-jam, Anda berdirilah kemudian lakukan gerakan-gerakan ringan sebelum duduk kembali.
5. Meminum jus herbal kaya serat
Salah satu cara meperlancarkan BAB yang keras yaitu dengan meminum jus herbal kaya serat dari bahan-bahan alami. Memang ada banyak sekali di luaran merek jus herbal praktis yang bisa diminum tiap hari, tapi yang paling efektif dan terbukti mampu melancarkan buang air besar adalah FIFORLIF.
Apa itu Fiforlif? Merupakan jus herbal alami yang terbuat dari bahan-bahan tinggi serat seperti Goji Berry yang dapat diminum untuk memperlancar BAB tanpa efek samping negatif. Jus ini bisa membantu menyehatkan usus besar dan mengeluarkan tinja yang sudah mengering dan keras serta mengerak di dinding usus dengan sangat efektif dan efisien. Anda yang biasanya tidak punya waktu untuk memantau pola makan sehingga kekurangan asupan vitamin dan serat, dapat meminum produk herbal ini karena Fiforlif tidak hanya dapat melancarkan BAB, tapi juga menambah asupan nutrisi yang penting bagi tubuh.
6. Banyak konsumsi air putih
Selain minum Fiforlif, Anda juga wajib membiasakan diri mengonsumsi air putih. Dengan begini, Anda bisa bebas dari dehidrasi dan cairan yang Anda minum juga dapat membantu memperlunak feses yang ada di dalam usus dan pada akhirnya tinja dapat dikeluarkan dengan lebih lancar tanpa perlu mengejan.
7. Konsumsi makanan hasil fermentasi
Makanan hasil fermentasi di sini contohnya seperti yoghurt. Sudah bukan rahasia lagi kalau yoghurt mengandung bakteri baik hasil fermentasi yang bisa membantu memperlancar buang air besar sebab bakteri di yoghurt dapat menyeimbangkan mikroflora di dalam usus yang akan membantu proses pencernaan. Ini adalah cara melancarkan BAB dengan sehat.
8. Kurangi konsumsi kafein
Mengonsumsi kafein seperti pada teh, kopi, maupun minuman bersoda dapat memberikan efek yang kurang baik bagi tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat menyebabkan dehidrasi dan pada akhirnya membuat tubuh jadi susah untuk buang air besar. Makanya bagi Anda yang hobi meminum kafein, mulai sekarang sebaiknya dikurangi.
9. Konsumsi makanan mengandung minyak sehat
Selain mengonsumsi sayuran dan buah kaya akan serat, ada baiknya kalau Anda juga ikut mencampurkan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak ikan. Kedua minyak sehat tersebut dapat membantu secara alami memperlancar buang air besar tanpa Anda perlu mengonsumsi obat pencahar.
10. Lakukan posisi buang air besar yang benar
Saat buang air besar, posisi jongkok sangat direkomendasikan daripada posisi duduk sebab posisi ini dapat membantu membuka usus besar sehingga tinja jadi lebih cepat dan mudah dikeluarkan. Posisis BAB seperti ini juga terbukti mengurangi ketegangan usus sehingga pembuangan tinja lebih mudah.

Itulah tadi beberapa cara melancarkan BAB yang efektif dan bisa Anda tirukan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *