Ratusan Warga Setrak Layak Pindah  Ke Desa Leberia

  • Whatsapp

Serdangbedagai,beritalima.com-Sekitar kurang lebih 200 kepala keluarga (KK) warga Dusun V,Desa PematangSetrak,KecamatanTelukMengkudu,KabupatenSerdangbedagai,SumateraUtara,sepertinya sudah layak pindah ke Desa Leberia,Pasalnya Dusun V Desa P.Setrak ini sangat terisolir(Terpencil-red) dan dimana segala pengurusan lebih dekat di bandingkan Desa Setrak,dari segi pengurusan Administrasi juga dusun mereka di kelilinggi masyarakat desa Leberia.

Hal ini dikatakan Ketua Penggabungan Masyarakat Dusun V ,DesaPematangSetrak,Ponidin(63)didampinggi Ratusan Warga Dusun V Desa Leberia diAulah Desa Leberia yang juga di hadiri Sekcam Teluk Mengkudu,Kanit Bimmas Polsek Teluk Mengkudu serta BPD Desa Leberia.Jumat (26/5).

 “Beberapa poin dianggap layak jika Dusun V Desa Setrak  pindah ke Desa Liberia diantaranya jarak tempuh ke kentor Desa Setrak kurang lebih 4 KM sedangkan ke Desa Leberia hanya 1 KM saja, begitu juga dengan anak-anak sekolahnya berada di Desa Liberia.Ujar Ketua Penggabungan Masyarakat Ponidi kepada Beritalima.com .

Ditambahkan,“ Dusun V Desa Setrak yang kami huni ini di kelilingi warga Desa Liberia untuk pengurusan administrasi kami kejauhan  bahkan kami melewati kantor Desa Liberia untuk menuju Desa Setrak  dan ini kami rasakan sejak Sergai mekar” papar Ponidin.

 “Memang di jelaskan Ponidin tahun 1950 an warga memilih dusun itu berada di Desa Setrak  di karenakan tahun itu tanah mereka milik perkebunan hingga tidak ingin kehilangan lahan mereka memilih di desa Setrak, tapi kini status mereka sudah hak milik jika tetap berada di desa Setrak sangat tidak layak karena sangat terisolir semua serba sulit dalam pengurusan, ucap Ponidin.

Senada juga di katakan Abdul Hakim Rangkuti alias Hakim  ( 58)warga Dusun V Desa Setrak mengatakan,” Itu merasa sangat terisolir baik dari segi pembangunan juga terisolir kepada warga Desa Setrak lainnya yang berbeda dusun dengan mereka.

 “ Kami di Dusun V warga yang berbaur dengan kami saja warga desa Liberia sedangkan warga desa Setrak di luar dusun V tidak bisa berbaur dengan kami sudah sangat layak untuk pindah desa” ucap  Hakim.

Lanjutnya,Kata Hakim,” untuk pindah ke desa leberia Untuk segi pembangunan di Dusun V itu sangat tidak tampak bahkan untuk membangun jembatan darurat saja warga harus bergotong royong membangun jembatan “Kami sangat berharap sekali bisa pindah ke desa Liberia bukan karena ada kepentingan politik tapi ini murni untuk kepentingan masyarakat ini perjuangan kami yang ke empat kami berharap Bupati Sergai bisa mengerti dengan kondisi kami” ucap Hakim.

 Kepala Desa Liberia Iryansyah Putra “menangkapi positif keluhan masyarakat dusun V Desa Setrak yang di lakukan di desanya, sebagai kepala Desa Liberia  ia akan segera melakukan musyawarah dan akan segera menyampaikannya kepada Masyarakat.

“ Ada undang-undang yang telah mengaturnya kita akan melakukan musyawarah yang penting tidak melanggar udang-undang para prinsifnya kita menyambut baik” ucap Kades Liberia.

Sementara itu menanggapi hal ini Kades Setrak Suprapto saat di konfirmasi beritalima.com melalui via telepon belum bisa dihubggi(mengangkat)via telepon untuk  memberikan jawaban.”(sugi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *