2017 DPUSDA Kabupaten Malang Tuntaskan Peningkatan Jaringan Irigasi

  • Whatsapp

KABUPATEN MALANG, beritalima.com– Hingga dengan penghujung tahun 2017, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang telah melaksanakan peningkatan jaringan irigasi non teknis menjadi semi teknis/teknis dengan panjang saluran 18.917,73 m.

“Saat ini masih terdapat 6.532 Ha daerah irigasi non teknis di Kabupaten Malang, hal itu untuk mendukung peningkatan produksi pertanian,” ungkap Ir H M Anwar Kepala DPUSDA Kabupaten Malang, dihubungi beritalima.com Senin 11/12/17.

Menurutnya saat ini Dinas PUSDA Kabupaten Malang mengupayakan peningkatan jaringan irigasi non teknis menjadi teknis/semi teknis melalui dana BK Provinsi, DAK dan APBD. Satu diantaranya adalah pekerjaan peningkatan saluran sekunder Bureng I Desa Sukorejo Kecamatan Gondanglegi sepanjang 519,14 m yang melayani baku sawah 387 Ha.

“Peningkatan jaringan irigasi adalah kegiatan meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi yang sudah ada, atau kegiatan menambah luas areal pelayanan pada jaringan irigasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi,” ujarnya.

Kegiatan ini berimplikasi pada berkurangnya tingkat kehilangan air pada jaringan irigasi sehingga, lebih menjamin pemenuhan kebutuhan air irigasi.

“Implikasi ini, lebih menjamin pemenuhan kebutuhan air irigasi yang berada di wilayah pengairan Kabupaten Malang,” tukasnya. (san)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *