47 Investor Luar Negeri Hadiri EJIF 2024 di Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada 23-24 Oktober 2024 lalu menggelar “East Java Investment Forum (EJIF) 2024″ dengan tagline “Powering Up East Java’s Potential: Invest for Inclusive and Sustainable Growth” di The Westin Surabaya.

Acara ini merupakan lanjutan dari Road to EJIF: East Java Investment Dialogue (EJID) pada Juli 2024 sebagai wujud sinergi bersama untuk mengakselerasi kinerja investasi Jawa Timur yang berkelanjutan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Timur, Ir. Joko Irianto M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur menunjukan kinerja yang impresif, tercatat tumbuh 4,98Y4 (yoy) pada triwulan II 2024, yang merupakan capaian tertinggi di Pulau Jawa.

Investasi merupakan syarat utama untuk mendorong perekonomian yang inklusif. Joko berharap kegiatan EJIF 2024 mampu meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di Jawa Timur guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, M. Noor Nugroho, menambahkan, investasi memiliki multiplier effect yang tinggi terhadap perekonomian, sehingga berperan krusial dalam mendukung resiliensi dan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.

Dihadiri lebih dari 200 undangan, termasuk 47 investor luar negeri (Amerika Serikat, Australia, Belanda, India, Korea Selatan, Malaysia, Polandia, Singapura, dan Tiongkok), EJIF 2024 menyuguhkan berbagai kegiatan menarik, yakni one-on-one meeting, one to many meeting, dan investment tour.

Terdapat 20 proyek Investment Project Ready to Offer (IPRO) yang ditawarkan, terdiri dari kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, infrastruktur, energi, manufaktur, hotel, mall, smart city, serta tourism dengan nilai total investasi lebih dari Rp74 triliun.

EJIF 2024 sukses memfasilitasi one to many meeting yang diikuti 96 investor, 38 One-on-one meeting, dan investment tour yang diikuti 30 investor.

Selain itu, EJIF 2024 turut menyajikan diskusi panel yang membahas berbagai peluang investasi strategis di Jawa Timur bersama para narasumber yang prominent di bidangnya, dan seremonial penyerahan letter of intent (LOI) dari 6 investor kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, penyerahan penghargaan peluang investasi terpilih kepada 3 proyek di Jawa Timur oleh Kementerian Investas/BKPM, serta penyerahan penghargaan kepada 5 pemenang East Java Investment Challenge 2023 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. (Gan)

Teks Foto: EJIF 2024 di The Westin Surabaya, Kamis (24/10/2024), diikuti 200 investor termasuk 47 di antaranya dari luar negeri.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait