Ada Sembilan Fraksi DPRD Jatim Periode 2024-2029

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
DPRD Jatim periode 2024-2029 diprediksi memiliki sembilan (9) fraksi karena dari sepuluh (10) parpol yang memperoleh kursi DPRD Jatim hanya ada delapan (8) parpol yang dapat membentuk fraksi sendiri.

Sedangkan dua (2) parpol lainnya harus bergabung untuk bisa membentuk fraksi sendiri.

Sebagaimana diketahui bersama hasil Pileg 2024 lalu, PKB mendapat 27 kursi DPRD Jatim membentuk Fraksi PKB. Kemudian PDI Perjuangan mendapat 21 kursi membentuk Fraksi PDI Perjuangan, Partai Gerindra mendapat 21 kursi membentuk Fraksi Partai Gerindra, Partai Golkar mendapat 15 kursi membentuk Fraksi Partai Golkar dan Partai Demokrat mendapat 11 kursi membentuk Fraksi Partai Demokrat.
berjumlah sembilan (9) karena dari sepuluh (10) parpol yang mendapat kursi hanya delapan (8) parpol yang bisa membentuk fraksi sendiri dan dua (2) parpol harus bergabung supaya bisa membentuk fraksi sendiri.

“Meskipun belum ditetapkan tapi kami sudah bisa prediksi jumlah fraksi di DPRD Jatim nanti ada sebanyak 9 fraksi,” terang Anik Maslachah, Rabu (11/9/2024).

Sementara itu, berdasarkan informasi diinternal Dewan Jatim beredar nama nama calon ketua Fraksi yang diusulkan ke sekretariat DPRD Jatim. Diantaranya, dari Fraksi PKB ada nama Fauzan Fuadi dan Musyafak Rouf.

Kemudian dari Fraksi PDI Perjuangan ada nama Deni Wicaksono.

“Ya calon ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim adalah Mas Deni Wicaksono,” kata anggota DPRD Jatim asal PDI Perjuangan yang enggan disebutkan namanya.

Selanjutnya dari Fraksi Gerindra ada nama Abdul Halim dan Ferdian Alvisa. Lalu Fraksi Golkar ada nama Kodrat Sunyoto dan Pranaya Yudha Mahardika. Dari Fraksi Demokrat ada nama Sri Wahyuni dan Agung Mulyono.

Berikutnya dari Fraksi NasDem ada nama Muhammad Nasikh, dari Fraksi PAN ada nama Husnul Aqib. Lalu dari Fraksi PKS ada nama Lilik Hendarwati, dan dari Fraksi PPP dan PSI ada nama M Rofik.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait