Agenda Puncak PQN Besok: Surabaya QRIS Run 2024 dan Pasar Rakyat 17-an

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Mendorong pemanfaatan inovasi Ekonomi Keuangan Digital (EKD), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur (KPw BI Jatim) bersama Pemerintah Kota Surabaya dan didukung oleh Bank Jatim menggelar kampanye penggunaan QRIS di sektor transportasi, perparkiran dan pariwisata, Sabtu (17/08/2024).

Kegiatan ini bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-79 dan sebagai rangkaian dari kegiatan Pekan QRIS Nasional (PQN) di Jawa Timur yang mengusung tema “Pakai QRIS untuk Indonesia Maju”.

Kampanye ini juga sebagai upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat Kota Surabaya dalam transaksi People to Government (P2G) menggunakan kanal pembayaran digital QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Bentuk dari kampanye ini melalui pemberlakukan tarif spesial Rp79,- bagi pengguna QRIS, diberlakukan pada 13 titik e-parking, layanan transportasi umum seperti Suroboyo Bus dan Feeder Wira-Wiri Suroboyo, serta tiket masuk obyek wisata Museum 10 Nopember, THP Kenjeran, Perahu Kalimas dan Bus Surabaya Sightseeing and City Tour (SSCT).

PQN berlangsung sejak 12 Agustus 2024 dengan serangkaian kegiatan meliputi Edukasi QRIS, Onboarding Merchant & Pengguna QRIS, Showcase Merchant QRIS, Hiburan dan Perlombaan, serta puncaknya pada 18 Agustus 2024 dengan event “Surabaya QRIS Run 2024” dan “Pasar Rakyat 17-an” di area Kota Lama Surabaya.

Melalui PQN ini diharapkan dapat meningkatkan akseptasi QRIS yang meliputi transaksi, merchant dan pengguna melalui kegiatan onboarding, edukasi, showcase, hiburan, dan perlombaan serta penguatan literasi QRIS.

Selain itu, diharapkan juga dapat mendukung pencapaian program implementasi 55 juta pengguna QRIS di Indonesia, dan 2,5 miliar volume transaksi QRIS secara nasional.

Seluruh rangkaian kegiatan PQN di wilker KPw Bl Jatim didukung oleh Badan Musyawarah Perbankan Jawa Timur (BMPD Jatim), Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan non bank serta Pemerintah Daerah.

“The Power of We” ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi berbagai pihak untuk mensukseskan implementasi digitalisasi pembayaran khususnya QRIS di Jawa Timur. (Gan)

Teks Foto: BI Jatim bersama Pemkot Surabaya dan Bank Jatim kampanye penggunaan QRIS di sektor transportasi, perparkiran dan pariwisata, Sabtu (17/08/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait