AKBP Indra Ranu Dikarta Jabat Kapolres Trenggalek yang Baru

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Tongkat komando Kapolres Trenggalek secara resmi telah berganti. Kapolres lama AKBP Gathut Bowo Supriyono, dipromosikan sebagai Wadirlantas Polda Kepri digantikan oleh AKBP Indra Ranu Dikarta yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jatim.

Prosesi serah terima jabatan itu sendiri dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2024 di Mapolda Jatim. Sedangkan untuk laporan dan apel kesatuan di Mapolres Trenggalek diselenggarakan hari ini (Kamis, 17 Juli 2024).

Untuk profil singkat AKBP Indra, lahir di Jakarta Selatan 45 tahun yang lalu. Lulus dari SMA Negeri 3 Setiabudi Jakarta tahun 1988, kemudian meneruskan karirnya di Akademi Kepolisian Republik Indonesia.

Usai mengikuti pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2004 dan pendidikan perwira dasar Brimob, pria berdarah Sunda yang saat itu masih berpangkat Ipda ditempatkan sebagai Pasipers Sat Brimob Polda Babel dan tahun 2011 bergeser ke Sat III Pelopor Polda Metro Jaya.

Dua tahun berselang ia diamanatkan menjabat sebagai Kasiops Sat II Pelopor Polri dan tahun 2016 dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolsek Pondok Aren Polres Tangerang Selatan. Karirnya terus menanjak dan menjabat sebagai Kapolsek Kebayoran Lama Polres Metro Jaksel.

Saat menjabat sebagai Kapolsek ini, beberapa kasus besar sukses diungkapnya. Berkat tangan dinginnya, AKBP Indra berhasil menangkap pelaku perampokan minimarket, pencurian di kantor media, pembobolan ATM di Tanah Kusir, pengungkapan peredaran 5 Kg Sabu hingga penertiban premanisme yang meresahkan masyarakat.

Atas berbagai prestasinya, tahun 2021 AKBP Indra kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya dan ditempatkan sebagai penyidik pada Ditreskrimum sekaligus persiapan pendidikan Seskoad gelombang 2 Dikreg LXI.

Karir seorang AKBP Indra bisa dikatakan tak jauh dari Reserse dan Brimo. Tahun 2022 adalah tahun pertama ia bertugas di Jawa Timur sebagai Kasubdit 2 Ditresnarkoba Polda Jatim. Saat menjabat, AKBP Indra merupakan salah satu sosok yang turut berperan dalam pembangunan `Kampung Bebas Narkoba` di seluruh Jawa Timur. Karirnya terus berlanjut sampai pada tahun 2023, ia dipercaya kembali untuk menjabat sebagai Komandan Bataliyon (Danyon) B Pelopor Satbrimob Polda Jatim.

Untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi yang dimiliki, AKBP Indra pernah mengikuti sejumlah pendidikan pengembangan, diantaranya perwira penyidik tindak pidana terorisme dan pendidikan jabatan inspektur Danki Brimob. Dirinya juga telah menyelesaikan pendidikan Strata 2 (S2) di salah satu perguruan tinggi bergengsi yakni universitas Indonesia dan lulus tahun 2019 silam.

Melihat sepak terjang dan prestasinya, maka tak heran jika kemudian seorang AKBP Indra Ranu Dikarta mendapat amanah menjadi pemegang komando di wilayah hukum Bumi Menaksopal.

“Selamat Datang AKBP Indra Ranu Dikarta, di Kabupaten Trenggalek, Kota Kecil dengan Sejuta Keindahan”. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait