Aksi Walkout Diplomat Indonesia Saat PM Israel Berpidato

  • Whatsapp
Aksi walk out diplomat Indonesia saat PM Israel berpidato di PBB (foto: Dok Kemlu RI)

New York, Beritalima.com| – Para diplomat Indonesia melakukan aksi walk out atau keluar dari Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat, saat Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu berpidato (27/9). Sehingga, kursi perwakilan Indonesia terlihat kosong di siding ini.

Aksi walk out juga dilakukan oleh para diplomat/delegasi dari Turki, Pakistan, Arab Saudi. Suasana agak gaduh terlihat ketika PM Israel masuk ke ruangan, sehingga pemimpin sidang memberi peringatan seluruh peserta untuk bersikap tenang.

Sikap protes para diplomat dari sejumlah negara tersebut sebagai reaksi atas agresi Israel di Palestina dan Lebanon belakangan ini. Warga Palestina sejak Oktober 2023 telah banyak yang kehilangan nyawa, tempat tinggal dan penyakit yang membahayakan bagi sebagian besar anak-anak sehingga menimbulkan penderitaan berkepanjangan.

Menlu Indonesia Retno Marsudi pada Januari 2023 pernah melakukan aksi serupa, saat Duta Besar Israel untuk Amerika Serikat dan PBB berpidato pada forum Dewan Keamanan PBB di New York. Sikap Indonesia sejak dahulu memang tetap konsisten soal Palestina, akni mendukung kemerdekaan penuh Palestina.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait