AMMAN Dukung UMKM Sumbawa Barat Sukses Lewat Pelatihan Branding dan Marketing

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.Beritalima.com|Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki banyak potensi, tetapi memerlukan pendampingan untuk peningkatan kapasitas para pelaku usaha UMKM. Saat ini produk yang dijual oleh UMKM KSB adalah produk tradisional yang tidak tahan lama dengan kemasan yang kurang menarik (tidak representatif) dan kualitas yang tidak terjamin. Masalah utama lainnya, UMKM KSB masih bergerak sendiri-sendiri dan sangat berbasis produk (product-based), sehingga belum mampu melihat potensi market agar produksi menjadi scalable dan mendapatkan lebih banyak akses pasar.

Merespons hal ini, Sebagai salah satu Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang Pengembangan Ekonomi, AMMAN bekerja sama dengan Narasa sebagai mitra pelaksana program menjalankan Program “Branding dan Marketing” kepada mitra UMKM AMMAN. Program ini sudah berjalan semenjak tahun 2021 dan sudah mendampingi 2 batch penerima manfaat.

Aji Suryanto, Sr. Manager Social Impact AMMAN mengatakan bahwa pendampingan Batch 1 dilakukan pada tahun 2021- 2022 selama 6 bulan dan dilanjutkan di 2023 selama 5 bulan untuk 16 UMKM terpilih dari seluruh KSB. Program ini juga dilengkapi dengan pendampingan kepada 9 pemuda/i yang diajarkan desain grafis untuk membentuk ekosistem ekonomi kreatif penunjang pariwisata, yang salah satu hasilnya juga dapat mendukung UMKM dalam pembuatan logo/branding dan aspek-aspek kreatif lainnya (misalnya, desain stiker, desain poster, desain kemasan, dll).

“Mitra UMKM selalu dilibatkan dalam berbagai bazar/pameran, diikutsertakan dalam pelatihan-pelatihan kewirausahaan, keuangan dan manajemen bisnis yang dilakukan oleh mitra-mitra strategis AMMAN, diberikan peningkatan kapasitas untuk mengelola pemasaran digital melalui sosial media, didukung jika ada peluang potensi akses pasar, dan lain-lan.” terang Aji sabtu (5/10/24).

Aji Suryanto menegaskan program “Branding dan Marketing” memiliki 2 objektif yang dilakukan melalui intervensi program (modul-modul) dan pendampingan, yaitu yang pertama UMKM KSB memiliki produk yang berkualitas, memenuhi standar keamanan pangan dan memiliki kemasan yang menarik. Setelah itu yang kedua Penjualan UMKM mitra AMMAN meningkat.

Semenjak 2021, Program “Branding dan Marketing” UMKM mitra AMMAN telah mencapai berbagai hasil antara lain:
* UMKM memahami dan menerapkan desain visual pada brand (merek) dan kemasan, sehingga semua UMKM mitra AMMAN memiliki logo, kemasan baru yang aman (tahan lama) dan representatif dan dapat bercerita/membangun narasi mengenai produknya.
* UMKM dapat melakukan perbaikan strategi pemasaran dan pencitraan produk, termasuk pengoperasian penjualan di marketplace.
* UMKM mengalami peningkatan omzet penjualan rata-rata 30-40%
* UMKM mengalami peningkatan traffic di mesin pencarian di internet, media sosial dan website.
* UMKM berjejaring dengan berbagai toko dan/atau reseller untuk memasarkan produk.
* UMKM melakukan repeat order untuk kemasan dan stiker logo.
* UMKM dikenal oleh lembaga pemerintahan dan komersial (misalnya, KSB Mall, Hotel Kirana, IKM Poto Tano, dll).
* UMKM memesan desain dari pemuda/i program pendampingan desain grafis.

Sementara itu, Ibu Zakiah Pemilik Bakso Emak Seteluk menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada AMMAN yang sudah memberikan pendampingan melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)nya.

“Programnya adalah Branding dan Marketing bagi UMKM. Alhamdulillah dengan program AMMAN ini omzet kami awal sebesar Rp500.000,sehingga bisa meningkat sebesar 100 juta dalam sebulan karena AMMAN mengajak para UMKM di KSB ketika ada kegiatan Bazar/pameran untuk mengenalkan produknya ke masyarakat, hingga inovasi produk, sehingga bisa keluar negeri,” jelasnya

Selain UMKM Bakso Emak Seteluk ada juga UMKM Bale Durian bertempat di Kecamatan Maluk, UMKM Permen Susu dari Desa Tapir, UMKM olahan Rumput laut dari Taliwang dan UMKM Jamu Nyaman dari Desa Dasan Jereweh dan lain-lain. (Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait