Anggota Dewan Apresiasi Perbaikan Jalan di Ampalu Pegambiran Padang

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima– Bertahun-tahun menanti, akhirnya warga Pegambiran Ampalu, Kecamatan Lubuk Begalung Padang bernafas lega. Jalan lingkungan mereka yang rusak parah sudah diperbaiki.

“Sudah lama masyarakat menunggu. Melalui reses beberapa waktu lalu, dengan diskusi, musyawarah bersama warga serta tokoh masyarakat setempat, akhirnya perbaikan jalan lingkungan ini bisa direalisasikan pada hari ini, ” ujar Elly, anggota DPRD yang juga merupakan Ketua Fraksi Gerindra  DPRD Kota Padang, disela- sela gotong royong bersama warga setempat,  Minggu (27/11/2016) .

Dijelaskan, jalan menuju puncak rusak parah, yang menyedihkan sekali bahkan sering terjadi kecelakaan saat turun dari perbukitan. Kerusakan ini akibat sasaran aliran air dari atas perbukitan, bahkan sasaran air juga memasuki pekarangan rumah warga setempat.

Elly juga berharap kepala daerah melalui dinas PU untuk mengerjakan perbaikan saluran pembukaan dari bukit. Karena ketika debit air tinggi, rembesannya mencapai jalan dan pekarangan. Setidaknya, ada 18.000 KK  bermukim di kawasan Pengambiran. Selain itu, pengerjaan jalur dua by pass yang berdekatan dengan Pengambiran seakan-akan diperlambat. Ia menekankan, agar ada pemerataan perbaikan jalan dan drainase.

“Sebelumnya memang sudah diminta  kepada Pemko Padang melalui dinas terkait, tapi tidak terealisasi. Namun walaupun dipenghujung tahun, Alhamdulillah akhirnya aspirasi dari masyarakat bisa terpenuhi di tahun ini melalui dinas PU Padang, ” kata Elly.

Lebih lanjut disampaikan oleh Anggota Dewan Dapil III ( Bungus Teluk Kabung, Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung) ini, bahwa perbaikan jalan yang sedang dilakukan saat ini berada khususnya di RW 18 Pengambiran Ampalu. Pengerjaan jalan lingkungan ini melalui Pokir (pokok pikiran) dewan yang diserap dari aspirasi masyarakat setempat yang memang urgent.

“Untuk tahun ini katanya, memang difokuskan pada pembangunan jalan lingkungan saja melalui anggaran dari Pokir dewan yang dititip pada dinas PU Padang kurang lebih sekitar Rp 800 juta. Berapa totalnya pembangunan jalan ini diserahkan ke dinas PU, karena untuk pembangunan jalan dari sendiri kan juga dipecah – pecah, bukan untuk di kawasan ini saja, “jelasnya.

Lebih lanjut kata Ketua Fraksi Gerindra ini, di kawasan tersebut juga mempunyai spot pemandian alami dari aliran air perbukitan yang selama ini juga sering dikunjungi. Disana pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Bila berada di puncak bukit akan terlihat landscape Kota Padang.

Ia berpendapat, ketika akses jalan sudah baik maka otomatis masyarakat akan nyaman dan pengunjung yang akan menuju puncak pun pastinya akan bertambah. Kawasan ini menyimpan banyak potensi untuk sumber PAD. Elly berharap, dengan terperbaikinya jalan lingkungan ini, akan menjadi sumber pendapatan baru bagi pemerintah, dan sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat Ampalu Pengambiran, Lubuak Begalung jika dikelola dengan baik.

“Jika SKPD hanya mengandalkan program tapi tidak ada perbaikan fasilitas, tentu tidak ada peningkatan pendapatan. Jangan hanya mengandalkan kawasan wisata pantai saja, tapi lihat juga kawasan perbukitan. Disini  tersimpan potensi besar yang bisa digali, tapi tidak terfikirkan oleh SOPD,”  ujar Elly.

(pdm/bim/rki).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *