Anggota DPRD Gresik Wongso Negoro Apresiasi Pelestarian Sedekah Bumi di Desa Putatlor Kecamatan Menganti

  • Whatsapp
Anggota DPRD Gresik, Wongso Negoro saat menghadiri acara sedekah bumi di Dusun Kletak Desa Putatlor Kecamatan Menganti.(*)

GRESIK,beritalima.com- Anggota DPRD Gresik, Wongso Negoro menghadiri pelaksanaan sedekah bumi di Dusun Kletak, Desa Putatlor, Kecamatan Menganti pada, Sabtu (3/8/2024).

Dalam kegiatan itu, warga tumpah ruah di jalanan desa karena ada syukuran dan arak-arakan aneka tumpeng dan gunungan hasil bumi yang dibawah keliling kampung.

Melihat antusiasme dan kemeriahan warga dalam acara tersebut, legislator asal Kecamatan Menganti tersebut mengapresiasi kekompakkan mereka.

Terlihat sejak pagi hari ratusan warga mulai dari orang tua, pemuda hingga anak- anak dengan rasa suka cita keluar rumah dengan mengenakan aneka baju adat jawa hingga menunggang kuda dan kereta kencana, untuk ikut serta memeriahkan perayaan sedekah bumi Dusun Kletak Putarlor.

“Dengan sedekah bumi ini berarti panjenengan ingat pada leluhur jenengan. Sehingga kelestarian budaya ini perlu dibudayakan. Dengan adanya bersyukur pada hari ini berarti menyusukuri apa yang diberikan oleh Allah SWT. Mudah mudah yang menjadi keinginan panjenengan semua bisa segera terkabul, “kata Wongso.

Tidak hanya itu, Wongso juga mengingatkan, jika pada 2024 akan dilaksanakan pilkada, pemilihan Bupati Gresik yang rentan perpecahan. Untuk itu, Ia mengajak seluruh warga untuk tetap menjaga persaudaraan dan tidak mudah terpecah belah hanya karena berbeda pilihan.

“Rukun nggeh. Nek mari nyoblos mari yo mari. Siapapun yang menjadi bupatinya masio ngunu gak ileng mareng sampean. Pesan saya, pemilihan apapun ayo kita rukun. Kegiatan apapun maupun sedekah bumi ayo kita rukun,” tutupnya.

Semntara itu, PJ Kades Putatlor, Muh. Dayat yang juga hadir bersama Pemdes Putatlor, mengatakan jika dirinya mewakili Pemerintah Desa( Pemdes) Putatlor, merasa sangat terhormat telah diundang dalam kegiatan sedekah hasil bumi warga masyarakat Dusun Kletak.

“Saya atas nama PJ Kepala Desa Putatlor, mengucapkan banyak terima kasih saya diundang matur nuhun sangat. Saya baru kali ini di Dusun Kletak saya sempatkan. karena saya cinta pada warga Dusun Kletak, “ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia sedekah bumi Dusun Kletak. Yang mana pada pagi ini masyarakatnya sangat guyub dan rukun mudah mudahan rezekinya kedepan bisa melimpah dan masyarakat sejahtera,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dusun Kletak, Susilo dalam sambutannya, meyampaikan tujuan sedekah bumi ini untuk mensyukuri kenikmatan yang diberikan oleh Allah.

“Sehingga kita sebagai hamba- Nya kita wajib bersyukur. Siapa yang bersyukur akan diberikan kenikmatan tetapi kalau kita lalai kita akan celaka,” lanjutnya.

Dijelaskan Susilo, selain acara sedekah bumi, juga akan ada ada acara ruwatan. Menurutnya ruwatan itu ada tiga makna yang salah satunya yakni ruwet.

“Kita memohon segera keruwetan di Dusun Kletak segera sirna. Ruwo artinya ramai. Kita berharap kampung kita ini ramai dan keamanannya akan terjaga. Perekonomian akan meningkat dan kesejahteraan warga akan terwujud,” bebernya.(Moh Choiron)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait