Angka Pelanggan KA di Masa Liburan dengan Penerapan FRBG

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan telah siap menghadapi kenaikan jumlah pelanggan di masa liburan sekolah dan Hari Raya Idul Adha 2023 ini, dengan mengoperasikan 42 Kereta Api (KA) jarak jauh. Ke 42 KA ini, 17 berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng, 14 dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 11 dari Stasiun Malang.

Kenaikan jumlah pelanggan KA di masa liburan sekolah dan Hari Raya Idul Adha ini, sebagaimana dikatakan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, terjadi sejak Kamis (22/6/2023) dimana tercatat sebanyak 14.680 penumpang, dan pada Jumat (23/6/2023) tercatat sebanyak 16.758 penumpang.

“Jumlah penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 itu meningkat bila dibandingkan dengan jumlah penumpang di hari biasa di luar hari libur sekolah yang berkisar sekitar 12 ribuan penumpang,” ujar Luqman saat dihubungi Sabtu (24/6/2023) pagi.

Dia pun menyampaikan, mayoritas tujuan penumpang KA di masa liburan sekolah dan Hari Raya Idul Adha ini adalah Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Banyuwangi. “Pelanggan terbanyak diantaranya KA Sritanjung, KA Airlangga, KA Sancaka, KA Ranggajati, dan KA lainnya,” tambahnya.

Dikemukakan, masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan KA dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, atau chanel penjualan tiket yang bekerja sama dengan KAI mulai H-45 sebelum keberangkatan KA.

Dalam kesempatan ini, Luqman juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan, KAI terus berinovasi dalam rangka menjadikan KA sebagai pilihan utama masyarakat dalam bertransportasi.

Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah Face Recognition Boarding Gate (FRBG), fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket KA yang dimiliki.

Di wilayah KAI Daop 8 Surabaya, fasilitas baru FRBG untuk mempermudah proses boarding ini diterapkan di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang.

“Dengan Face Recognition Boarding Gate pelanggan tak perlu repot-repot menunjukkan berbagai dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, atau KTP. Hanya butuh waktu 1 detik untuk memastikan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI,” ujar Luqman.

“KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api untuk melakukan perjalanan mulai dari pulang kampung, liburan, atau tujuan lainnya, karena moda transportasi ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya mengutamakan keselamatan, keamanan, nyaman, tepat waktu, serta jangkauan stasiun yang luas mulai dari pusat kota hingga ke pedesaan,” tutup Luqman Arif. (Gan)

Teks Foto: Situasi Stasiun Surabaya Gubeng di masa liburan sekolah dan Hari Raya Idul Adha 2023.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait