Apa Fungsi Air Dalam Kehidupan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Walaupun setitik,seteguk ,segelas maupun sebotol Air adalah sumber kehidupan manusia, Air diketahui menjalankan fungsi penting untuk keberlangsungan hidup manusia.

Salah satu fungsi air adalah menghasilkan, menyerap, dan menghantarkan panas ke seluruh bagian tubuh untuk menjaga kestabilan suhu tubuh. Selain berperan dalam menghasilkan, menyerap, dan menghantarkan panas dalam tubuh, fungsi air juga punya peran dalam mendinginkan suhu tubuh melalui produksi keringat.

Manusia yang hidup didunia menempatkan sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air. Bahkan, manusia disebut tidak dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air.Sementara itu, volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65 persen dari total berat badannya dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang. Beberapa organ tubuh manusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak (74,5 persen), tulang (22 persen), ginjal (82,7 persen), otot (75,6 persen), dan darah (83 persen).
Tidak dapat dimungkiri, air menjadi salah satu kebutuhan utama dalam hidup. Manusia dapat bertahan hidup tanpa makan selama tiga hari, tapi manusia tidak bisa hidup tanpa minum air selama tiga hari. Namun, air bersih tidak hanya diperlukan sebagai air minum saja. Masih ada banyak lagi manfaat air bersih yang bisa dirasakan, bukan hanya bagi manusia saja, tetapi juga lingkungan sekitar.

Sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari cairan, yang mana air di dalam tubuh membentuk sekitar 50-60% dari total berat badan. Air di dalam tubuh memiliki fungsi penting di antaranya membawa nutrisi dan oksigen ke dalam sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, membantu proses pencernaan dan masih banyak lainnya.Kurangnya konsumsi cairan bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan serta membuat beban kerja tubuh menjadi lebih berat. Dehidrasi sendiri adalah kehilangan cairan tubuh yang berlebihan karena penggantian cairan yang tidak cukup akibat asupan yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan terjadi peningkatan pengeluaran air.
Jika tubuh kekurangan asupan air, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsi tubuh jadi terganggu, bahkan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya salah satunya dehidrasi. Kendati demikian, masih banyak yang abai dengan fungsi air bagi tubuh manusia.

Fungsi air bagi tubuh manusia adalah untuk menunjang proses metabolisme tubuh manusia. Dapat dipastikan manusia tidak akan mampu bertahan hidup tanpa air, karena air merupakan salah satu elemen dasar untuk memastikan seluruh kinerja tubuh normal.Kurangnya konsumsi air memungkinkan terjadinya dehidrasi dan gangguan pada fungsi tubuh yang berkenaan dengan kesehatan. Hal tersebut dapat terjadi karena 73 persen dari zat pembentuk tubuh manusia terdiri dari air. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas atau sekitar 2,5 liter setiap hari.

FUNGSI AIR
1. menunjang proses metabolisme tubuh manusia.
2. salah satu elemen dasar untuk memastikan seluruh kinerja tubuh normal.
3. Kurangnya konsumsi air memungkinkan terjadinya dehidrasi
4. gangguan pada fungsi tubuh yang berkenaan dengan kesehatan.

Air mempunyai peran penting dalam seluruh kerja tubuh. Bila kecukupannya terganggu, sejumlah masalah kesehatan akan datang. Sayangnya, tidak semua orang menyadari besarnya fungsi air dalam tubuh sehingga sering kurang minum.bagi penderita sskit ginjal minum air harus dibatasi terus supaya tidak timbul sesak.
Beberapa alasan tubuh kita sangat membutuhkan air:
1. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh.
2. Melindungi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya.
3. Mengatur suhu tubuh.
4. Membantu menjaga tekanan darah.
5. Melancarkan sistem pencernaan.
6. Membuang kotoran tubuh.
7. Mencegah kerusakan ginjal.
8. Membuat mineral dan nutrisi dapat diakses.
9. Melumasi sendi.
10. Media transportasi bagi zat gizi dan oksigen lewat peredaran darah
11.Mengatur suhu tubuh
12. Melembapkan dan membasahi mukosa
13. Lubrikan pada sendi
14.Melindungi organ dan jaringan dalam tubuh
15. Mencegah konstipasi
16. Melarutkan zat gizi
17. Membawa oksigen ke jaringan tubuh lain
18.Membuang sisa metabolisme
19.Menjaga Suhu Tubuh Optimal
20.Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh
21,Baik untuk Kesehatan Kulit
22.Menjaga Tekanan Darah Stabil
23.Menjaga Asupan Oksigen Dalam Tubuh
24.Menggantikan cairan yang keluar dari tubuh
25.Membantu melancarkan peredaran darah
26.Mencegah turunnya tingkat konsentrasi dan fokus
27.Melindungi tubuh dari penyakit
28.embantu mengurangi berat badan
29.Menjaga Metabolisme Tubuh
30.Menjaga Pelumasan Sendi
31.Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Fungsi air bagi tubuh manusia sangat penting untuk memastikan seluruh kinerja tubuh normal. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka tidak menutup kemungkinan jika fungsi tubuh akan terganggu, bahkan bisa menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Kendati demikian, masih banyak yang kurang menghiraukan fungsi air bagi tubuh manusia.selain dapat membuat dehidrasi, kurang minum air putih juga dapat menimbulkan gangguan pada fungsi tubuh, sehingga menyebabkan masalah kesehatan., secara terus-menerus tubuh manusia mengeluarkan cairan melalui proses pernapasan, buang air kecil serta besar, dan ketika berkeringat melalui kulit. itulah mengapa, tiap orang perlu mengganti cairan yang keluar dari tubuh tersebut, di mana berasal dari konsumsi air secara cukup.Demikian sekilas info tentang kenapa kita wajib minum air dalsm kehidupan sehari hari, semoga bermanfaat.
RobertoNews 1426《20.5.22(08.30)》
• Praktisi dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait