Apa Fungsi Protein Bagi Tubuh ?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Dalam kehidupan sehari hari selalu kita dengar dalam pembicaraan seminar maupun talk shaw berkata peran protein sangat berguna bagi kesehatan manusia namum sisi lain pula bagi penderita ginjal memakan yang mengandung protein harus diperhatikan .? Mana yang benar mari kita membahas…..

Protein merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Protein bisa Anda dapatkan dari sumber hewani a nabati.Saat Anda mengonsumsi hidangan yang mengandung protein, sistem pencernaan akan memecahnya menjadi asam amino. Jenis asam tersebut nantinya akan tersebar ke seluruh tubuh yang berfungsi sebagai sumber energi, membentuk hormon dan enzim, juga mendukung imunitas tubuh. Lalu apa itu protein dan apa fungsi protein untuk tubuh kita?

APA FUNGSI PROTEIN
Salah satu fungsi protein adalah menghasilkan enzim dan hormon yang dapat menjaga fungsi sel dan organ tubuh. Selain itu, protein memiliki fungsi utama sebagai zat untuk memperbaiki jaringan sel agar dapat bekerja dengan optimal.

Protein adalah nurtisi yang ditemukan di seluruh tubuh termasuk tulang, kulit, otot, dan rambut. Protein terdiri atas bahan pembangun yang dikenal dengan nama asam amino. Ada kurang lebih 20 jenis asam amino, 9 asam amino termasuk esensial dan 11 sisanya termasuk asam amino non esensial.Asam amino dapat dihasilkan tubuh tanpa asupan makanan. Akan tetapi, asam amino yang dihasilkan tubuh merupakan jenis asam amino non esensial. Maka dari itu, untuk mendapatkan asam amino esensial, kita harus mengkonsumsi makanan tertentu.

Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), usia 17–60 tahun disarankan perlu mengonsumsi protein sekitar 62–66 gram per hari bagi pria dan 56–59 gram per hari bagi wanita. Namun, jumlah asupan protein harian juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, tergantung dari usia, kepadatan aktivitas, dan tingkat stres metabolik. Protein terbentuk dari bahan pembangun yang dikenal dengan asam amino. Terdapat sekitar 20 jenis asam amino. Sembilan di antaranya merupakan asam amino esensial, sedangkan sisanya merupakan asam amino non-esensial. Asam amino non-esensial bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, lain halnya dengan asam amino esensial yang memerlukan sumber lain agar tubuh terus mendapatkan asupan asam amino esensial. Asam amino tersebut meliputi:

1. Isoleusina
2. Lisina
3. Metionina
4. Treonin
5. Valina
6. Histidina
7. Leusina
8. Fenilalanina
9. Triptofan

Dalam tubuh ternyata ada beberapa jenis protein dengan fungsi yang berbeda antara lain
1. Protein Enzim
2. Protein Struktural
3. Protein Hormon
4. Protein Antibodi
5. Protein Transport
6. Protein Pengikat
7. Protein Penggerak

APA PERAN PROTEIN DALAM TUBUH KITA
1. Membangun dan memelihara jaringan
2. Mempercepat reaksi kimia
3. Alat komunikasi antar bagian tubuh
4. Membentuk struktur tubuh
5. Meningkatkan imun tubuh
6. Mengangkut dan menyimpan nutrisi
7. Memelihara keseimbangan asam basa dalam tubuh
8. Membentuk Hormon dan Enzim
9. Sumber Energi
10. Membentuk Antibodi

Sumber protein bisa didapatkan melalui sumber hewani dan sumber nabati. Namun, secara umum, berikut merupakan daftar makanan hewani yang terbukti memiliki kandungan protein tinggi.
1. Daging Ayam Tanpa Lemak
2. Daging Sap
3. Susu dan Yogurt
4. Telur Ayam
5. Ikan Tuna
6. Keju Cottage
7. Gandum
8. Brokoli
9. Kacang Almond
10. Kedelai
11. Tahu dan Tempe
12. Biji-bijian

Oleh sebab utu diminta kita hati mengomsumsi makanan yang mengandung protein tinggi , kapan digunskan kapan tidak, semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi kita semus, terimakasih
Roberto News 1661 《2.3.23 (08.00) 》
• Praktisi Dokter & Panulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait