Apa Manfaat Laki Laki Bersunat ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Tak heran aku lihat dua anak tetanggaku yang berusia 6 dan 8 tahun agama budha dilakukan sunnat oleh team sunnat dari rumah Sakit beda dengan Anak Pak Iwan yang beragama Islam ikut sunnat rasul beramai ramai dan acara kenduri.selain itu Saat ke rumah Pak khomar ,saya melihat kedua anak laki kok pakai peci dan sarung,lalu saya bertanya kenapa berdua pakai sarung.pak Khomar bicara bahwa kemarin baru dilakukan sunnat kakak beradik,yang umur 6 dan 5 tahun sekaligus dan minggu depan adakan syukurlan,lain hal dengan Pak Herman yang tak bersunat akibatnya istrinya terkena kanker Rahim,begitu pula Bu Antonius terkena Kanker Rahim gara gara suami tak bersunat juga.

Dalam ajaran Islam setiap laki harus melakukan sunnat namum hal ini sudah meluas di kalangan masyarakat sunnat sebagai hal yang lazim untuk setiap laki yang non islam Tujuan sunat adalah untuk menurunkan risiko seorang pria terserang gangguan pada penis seperti, fimosis dan balanitis.lebih dari itu mencegah risiko infeksi saluran kemih (ISK). Dan untuk menekan risiko penyakit menular seksual seperti HIV, herpes genital dan sifil

Sunat merupakan suatu tindakan bedah untuk membuang kulup /prepusium /kulit kepala penis. Tujuan dan manfaatnya adalah untuk membuat kepala penis expose sehingga mudah dibersihkan dan mengurangi resiko terjadinya infeksi bahkan mengurangi resiko terjadinya kanker penis.

SEJARAH KHITAN MENURUT ISLAM
Menurut sejarah orang yang pertama melakukan khitan adalah Nabi Ibrahim as. Namun, tidak diketahui dengan jelas motif yang membuat orang dahulu melakukan khitan.Khitan telah dikenal dan dilakukan oleh orang sejak dahulu dan berlanjut sampai Islam datang dan sampai sekarang. Maka defin8si khitan berdasarkan bahasa arab kha-ta-na yaitu memotong sebagian ahli bahasa mengkhususkan lafadz khitan untuk laki-laki, sedangkan untuk perempuan disebut dengan khalidh.Adapun dalam istilah syariat, dimaksudkan dengan memotong kulit yang menutupi kepala zakar bagi laki-laki, atau memotong daging yang menonjol diatas vagina, disebut juga dengan klitoris bagi wanita.

Tujuan khitan (sunat) secara syariah selain mengikuti sunnah Rasulullah dan Nabi Ibrahim, juga karena menghindari adanya najis pada anggota badan saat shalat. Karena, tidak sah shalat seseorang apabila ada najis yang melekat pada badannya. Dengan khitan, maka najis kencing yang melihat disekitar kulfa (kulub) akan jauh lebih mudah dihilangkan bersamaan dengan saat seseorang membasuh kemaluannya setelah buang air kecil.

APA ITU SUNAT?
Khitan atau sunat adalah prosesi memotong kulit yang menutup ujung alat kelamin laki-laki agar tidak terpenuhi kotoran. Sebagai bagian dari syiar Islam, khitan merupakan tradisi yang telah berlaku sejak masa silam Apa Manfaat Sunat bagi Kesehatan Pria dalam kondisi sekarang
1. Menjaga Kebersihan Penis
2. Mencegah Penularan Penyakit Menular Seksual
3. Mengurangi Risiko Gangguan Penis
4. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih
5. Mengurangi Risiko Kanker

Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Tak hanya pada orang dewasa dan anak-anak, sunat atau sirkumsisi juga bisa dilakukan terhadap bayi.Manfaat sunat bagi kesehatan tidaklah sedikit, antara lain menurunkan risiko terjadinya penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Anda tidak perlu khawatir bila ingin disunat, karena prosedur ini tidak akan memengaruhi kesuburan atau mengurangi kenikmatan Anda saat berhubungan seksual.Di Indonesia, proses ini umumnya dilakukan saat anak laki-laki memasuki usia sekolah dasar atau sekitar 6–10 tahun. Semakin tua usia anak laki-laki atau pria yang disunat, semakin bertambah juga risiko, tingkat kerumitan, dan lama proses penyembuhannya.

SUNNAT MENURUT PANDANGAN ISLAM
1. Lebih higienis (sehat)
2. Mencegah problem terkait dengan penis.
3. Mencegah kanker penis (penile cancer).
4. Mengurangi resiko infeksi yang berasal dari transmisi seksual.

Setelah melahirkan anak laki-laki, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan demi kesehatan mereka adalah sunat atau khitan. Terlepas dari fakta bahwa tindakan ini menjadi bagian dari agama atau tradisi, terdapat manfaat sunat yang telah terbukti secara ilmiah dan baik untuk

Di Indonesia sendiri, khitan atau sunat adalah proses yang umumnya dilakukan ketika anak laki-laki berusia 6–10 tahun atau saat memasuki usia sekolah dasar. Pasalnya, semakin tua usia pria yang disunat,maka semakin rumit pula prosedur yg dijalani dan rata membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses penyembuhannya.

CDC telah merekomendasikan sunat untuk mengurangi risiko infeksi HIV.tak heran now laki laki non islam ramai melakuoan sunat anaknya sewaktu kecil untuk menjaga kebersihan di mana bagi 6ang tidak disirkumsisi ( sunat ) lapisan smegma berkumpul dibawah kulit penis sebagai sumber infeksi papiloma dan kanker rahim
ADA BEBERAPA KETENTUAN TIDAK BISA DILAKUKAN SUNAT :
1. Bayi yang belum genap berusia 1 hari
2. Terdapat gangguan pada posisi penis.
3. Menderita gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia.
4. Menderita gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia.
5. Penderita hipospadia (lubang uretra terletak di bagian bawah penis)
6. Menderita kelainan kulit atau jaringan ikat yang menghambat proses penyembuhan luka.

TAHUKAH MANFAAT LAKI LAKI DISUNAT:
1. Mengatasi balanitis
2. Mencegah parafimosis
3. Menjaga Kebersihan Penis
4. Mencegah Penularan Penyakit Menular Seksual
5. Mengurangi Risiko Gangguan Penis
6. Mengurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih
7. Mengurangi Risiko Kanker Penis
8. Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan

SUNAT APA RESIKONYA:
1. Demam
2. Infeksi
3. Gangguan saluran kemih.
4. Perdarahan yang tak kunjung berhenti.
5. Sisa kulup menempel kembali ke ujung penis.
6. Potongan kulup terlalu panjang atau pendek.
7. Gangguan buang air kecil yang tak kunjung membaik.
8. Muncul cairan bernanah dari penis dan berbau tidak sedap.
9. Pembengkakan pada penis yang semakin parah hingga dua minggu lebih.
10. Perdarahan, utamanya pada pria dengan kondisi gangguan pembekuan darah.

PERAWATAN PASCA SUNAT :
1. Menghindari aktivitas berat, seperti berolahraga.
2. Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai resep dokter.
3. Kontrol ke dokter secara rutin untuk mencegah kemungkinan terkena infeksi.
4. Pakailah celana yang longgar atau sarung untuk menghindari gesekan pada penis.
5. Puasa tidak melakukan hubungan seksual selama 6-8 minggu uubungan seksual,selama sunat luka belum semguh betul.
6. Untuk BAYI Pastikan untuk membersihkan penis dan mengganti popok setidaknya 2–3 jam sekali untuk mencegah area tersebut menjadi lembap dan terkena infeksi.
Demikian sekilas info tentang pengetahuan SUNAT ini,bawalah anak lakimu ikut bersunat agar Penis Sehat Generasi Aman,semoga !
RobertoNews 1834《 1.9.24(12.00)》
• Praktisi Dokter& Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait