Apa Manfaat Makan Petai Cina ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Lagu Koesplus bergeming: ” Bukan lautan hanya kolam susu, tongkatan & kayu jadi tanaman”
” orang bilang tanah kita tanah surga ” apapun tanam selalu tumbuh subur seperti buah petai
Baik di dataran tinggi maupun dataran rendah.Petai tumbuh setiap musim ah……

Berbagai menu petai yang udah saya rasakan sendiri, seperti sambel petai, tumis petai,lalapan
Petai.Pe5ai saus Padang, Terong Baldo petai,Balado baby cumi petojo,Telur dadar bihun petai
Pokoknya masakan menu petai banyak dan enak cuma tak enaknya kencing berbau petai, mulut nafas bau petai, banyak rumor bicara dimasyrakat bahwa makan petai bisa hilangkan Diabetes,untuk kesehatan mata dan menghindari Kanker?Kenapa ya, mari kita bahas bersama

APA ITU PETAI?
Petai atau landing (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnya majemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipe buah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Tanaman ini tumbuh dengan subur di daerah kering, di pedesaan, di kebun-kebun, di hutan maupun di pegunungan. Keberadaan tanaman petai cina yang sangat jelas, mudah ditemukan dan dibudidayakan di lingkungan masyarakat, menyebabkan tanaman petai cina berpotensi untuk dikembangkan menjadi suatu produk inovasi bahan pangan dalam masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, petai juga umum ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina. Sayuran dengan nama latin Parkia speciosa ini bahkan sering digunakan obat herbal karena diyakini dapat mengatasi berbagai penyakit.

NUTRISI PETAI
Buah petai kaya akan nutrisi seperti vitamin C, kalium, dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga kesehatan jantung, sistem pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh Petai cina mengandung banyak penting, seperti serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, daunnya mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, dan C. Karena punya kandungan nutrisi yang melimpah, manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh pun cukup banyak.

Biji-bijian berbau khas ini sering dikonsumsi bersama dengan makanan utama sebagai penambah cita rasa. Sayangnya, kenikmatan petai tak dapat dicicipi oleh penderita asam urat. Pasalnya, konsumsi petai disebut-sebut dapat memperburuk kondisi asam urat.
Di dalam 100 gram petai, terkandung sekitar 92 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:
1. 77 gram air
2. 5,4 gram protein
3. 15 gram karbohidrat
4. 2 gram serat
5. 14 miligram kalsium
6. 170 miligram fosfor
7. 1,6 miligram zat besi
8. 55 miligram natrium
9. 221 miligram kalium
Selain itu, petai juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, dan E serta beberapa antioksidan, seperti flavonoid dan fenolik. Berkat kandungan gizinya yang cukup tinggi, petai cocok dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Konsumsi petai dalam jumlah berlebihan tidak disarankan karena berisiko merusak ginjal. Selain itu, penderita asam urat juga disarankan untuk membatasi konsumsi petai sebab tumbuhan ini memiliki kandungan purin. Tingginya kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darahHindari mengonsumsi pete mentah sebagai lalapan karena berisiko terkontaminasi bakteri. Masak pete dengan cara direbus karena lebih sehat dan mengandung protein lebih tinggi daripada jika diolah dengan cara digoreng. Konsumsi dalam jumlah wajar, yakni 1–2 papan pete

MANFAAT PETAI CINA
1. Petai cina dapat menjaga kesehatan mata
2. Membantu pengobatan penyakit kanker
3. Membantu pengobatan diabetes melitus
4. Mempercepat penyembuhan luka
5. Mengatasi infeksi di saluran pencernaan
6. Mengatasi sembelit
7. Mengotimalkan fungsi otak
8. Meningkatkan kesehatan kulit
9. Meningkatkan kesehatan tulang
10. Menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas

Konsumsi petai dalam jumlah berlebihan tidak disarankan karena berisiko merusak ginjal. Penderita asam urat juga disarankan untuk membatasi konsumsi petai sebab tumbuhan ini memiliki kandungan purin. Tingginya kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah.
Sekilas info terimakasih.
RobertoNews 1850 《7.10.24(10.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kes3hatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait