Apakah Sakit Bipolar Itu Bahaya ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR. dr. Robert Arjuna FEAS *
Seorang temanku bernama Farida 46 tahun jiwanya tak stabil semenratara senang sementara jadi sedih mau bunuh diri,kalau lagi senang tertawa terbahak bahak besar dan kalau lagi sedih
bisa nangis terisak isak.sudah berobat ke dokter jiwa masih belum sembuh……..

Bipolar disorder sering kali muncul pada masa akhir remaja atau awal masa dewasa. Setidaknya, setengah dari kasus munculnya gangguan bipolar adalah mereka yang berusia di bawah 25 tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga dapat ditemukan pada anak dan orang dewasa.

APA ITU PENYAKIT BIPOLAR ?
Bipolar Disorder atau yang juga dikenal sebagai gangguan bipolar adalah suatu kondisi mental yang menyebabkan terjadinya perubahan mood yang ekstrem. Hal ini membuat orang dengan gangguan bipolar memiliki episode mood yang sangat bahagia (mania) atau sangat sedih (depresi). Saat pasien merasa sedih, ia akan merasa tertekan, kehilangan harapan, dan bahkan dapat kehilangan keinginan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi saat merasa senang, pasien akan merasa sangat bersemangat dan penuh gairah. Perubahan mood tersebut dapat terjadi beberapa kali dalam setahun, atau bahkan seminggu dalam kasus yang lebih parah. Kondisi jiwa ini dapat menyebabkan rusaknya hubungan pribadi, rendahnya motivasi dan produktivitas di tempat kerja, dan yang lebih buruk lagi dapat menyebabkan perasaan ingin melakukan bunuh diri. Bipolar disorder sangat disarankan untuk menghubungi bantuan medis saat mengalami perubahan mood yang signifikan.

GEJALA BIPOLAR ;
1. Kurang tidur
2. Kesulitan tidur
3. Perasaan tidak berharga atau bersalah
4. Pikiran tentang bunuh diri atau kematian
5. Perasaan sangat gembira atau terangsang
6. Bicara lebih cepat dan lebih banyak dari biasanya
7. Perilaku impulsif seperti mengeluarkan uang yang tidak direncanakan
8. Perasaan sedih atau kehilangan minat pada kegiatan yang biasa dilakukan

JENIS JENIS BIPOLAR
Bipolar disorder adalah gangguan jiwa yang umumnya mempengaruhi mood atau suasana hati. Dari kata bi (dua) dan polar (berlawanan), penderitanya dengan mudah berada pada episode manik dan depresif.
A. Episode manik : penderita sedang memiliki mood yang tinggi. Misalnya perasaan lebih humoris, lebih bersemangat, lebih cerdas, paling semangat. rasa bahagia dan semangat yang memuncak dapat membuat perilaku penderita menjadi sangat agresif dan tidak terkontrol, seperti penyalahgunaan obat-obatan, mengganggu sekitar, dan boros dalam keuangan.dengan ciri sbb :
1. Seksualitas tinggi
2. Bisa tidak tidur seharian.
3. Rasa percaya diri yang tinggi
4. Berbicara dengan cepat dan semangat
5. Sangat fokus dalam mengerjakan sesuatu
6. Perasaan senang yang tidak bisa dikontrol.
7. Memiliki banyak ide, hingga sulit berkonsentrasi

B. Episode depresif :Perrasaan rendah diri yang amat sangat, sehingga dirinya merasa tidak berharga pasien bipolar merasakan gangguan tidur atau tidur berlebihan. Selain itu, mereka terus merenung. Fatalnya, mereka bisa melakukan penyalahgunaan obat-obatan dan menyakiti diri sendiri (self harm). Diagnosis bipolar yang cukup parah membuat penderitanya mengalami delusi dan halusinasi.dengan ciri khas sbb :
1. Kehilangan rasa percaya diri.
2. Rasa ingin mengakhiri hidup
3. Sulit berkonsentrasi dan mudah ragu
4. Rasa sedih berlebihan berujung lelah
5. Hilang ketertarikan terhadap berbagai hal yang disukai.

WHO pada tahun 2016 mencatat terdapat 60 juta penderita bipolar di dunia, dan setiap tahunnya mengalami peniqngkatan. Data Institute for Health Metrics and Evaluation pada tahun 2017 menyatakan jika penderita bipolar disorder masuk dalam peringkat kelima terbesar di Indonesia.

JENIS JENIS BIPOLAR
1. Bipolar tipe 1 adalah mengalami episode manik atau depresif hingga beberapa minggu.

2. Bipolar tipe 2 :mengalami episode depresif sesekali, dan episode manik yang berlebihan setidaknya dalam 4 hari.

3. Siklotimia :Penderita mengalami episode manik dan depresif selebihnya 2 tahun, siklotimia berdampak pada bipolar tipe 1 atau 2.

PENYEBAB BIPOLAR
1. Ketidakseimbangan zat kimia pada otak, seperti neurotransmitter yang membantu membawa pesan ke jaringan-jaringan otak.
2. gangguan jiwa ini membuat otak sulit untuk mengontrol kadar hormon, seperti noradrenalin, dopamin, dan serotonin.

FAKTOR PENYEBAB LAIN :
1. Genetik
2. Trauma masa kecil yang sulit dilupakan
3. Kejadian yang menyebabkan stres sehari-hari, seperti kesepian, patah hati, pemutusan kerja, tekanan dari orang dan lingkungan sekitar, bahkan pernikahan.
4. Lingkungan sosial keluarga memicu gangguan bipolar.
5. Alkohol dan obat-obatan.

Penyembuhan penyakit bipolar tergantung pada
1. Rutinitas konsultasi,
2. pengobatan
3. dukungan keluarga dan lingkungan sekitar.

CARA MENGATASI BIPOLAR :
1. Obat-obatan: dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti stabilizer mood, antipsikotik, dan antidepresan untuk mengontrol gejala bipolar
2. Psikoterapi: terapi perilaku kognitif dapat membantu individu dengan bipolar memahami dan mengatasi pola pikir dan perilaku yang tidak sehat
3. Menghindari stres: menjaga pola tidur yang teratur, makan makanan sehat, dan menghindari situasi yang menimbulkan stres dapat membantu mengurangi gejala bipolar

PENGOBATAN BIPOLAR :
Jika tidak segera ditangani, episode manik dapat berlangsung 3-6 bulan, dan episode depresif setidaknya 6-12 bulan. Namun, dengan pengobatan intensif, setiap episode setidaknya terjadi dalam waktu 3 bulan. dengan cara :
1. Mengkonsumsi obat mood stabilizer untuk meredakan episode manik maupun depresif sesuai anjuran Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
2. Mengkonsumsi obat yang berfungsi untuk mencegah penyebab utama depresi dan manik.
3. Mengenali berbagai hal yang dapat memicu manik dan depresif.
4. Pemulihan secara psikologis, bisa dengan konsultasi dengan psikolog. Tidak jarang pasien yang sudah menemui psikiater masih dalam pendampingan oleh psikolog.
5. Menerapkan gaya hidup sehat jiwa dan raga, seperti olahraga rutin, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tidur cukup, dan membuat segala aktivitas dengan terencana.

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang serius dan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Namun, dengan pengobatan yang tepat dan dukungan yang memadai, individu dengan bipolar dapat hidup secara produktif dan bahagia.

Bipolar bisa disenbuhkan asal patih dalam pengobatan yang intensif .Apabila bipolar disorder sudah parah, terlebih dalam episode depresif dengan perilaku self harm, psikiater akan suruh pasien untuk melakukan rawat inap. Bipolar disorder merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan gejala perubahan mood sangat cepat dan signifikan. Untuk diagnosis lebih lanjut, Anda sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya sendiri (Self-diagnose), dan wajib melakukan pemeriksaan dengan psikiater atau dokter spesialis kedokteran jiwa.
RobertoNews1729 《27.11.23 (07.30)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait