Aplikasi HidroSDB35 Diluncurkan Pada Peringatan HUT Ke-79 TNI AL

  • Whatsapp
Aplikasi HidroSDB35 Diluncurkan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (tengah) didampingi Kasal Laksamana Muhammad Ali (kiri) dan Laksdya Budi Purwanto (kanan)

Jakarta, beritalima.com – Aplikasi HidroSDB35 produksi Pusat Hidro- Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) diluncurkan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bertepatan dengan peringatan Hut TNI AL ke-79.

HidroSDB35 merupakan Aplikasi SDB (Satellite Derived Bathymetry) dikembangkan oleh Personel Pushidrosal bersama tenaga ahli anak bangsa. Diberi nama 35 karena dibangun dan divalidasi di tiga perairan dengan karakteristik berbeda mewakili Indonesia barat, Tengah, dan timur, selama kurun waktu lima bulan.

Data yang di butuhkan didapat dari citra satelit, foto udara, video udara baik dari pesawat udara berawak maupun tanpa awak, kemudian dikonversi menjadi peta batimetri.

Fitur utama dari aplikasi berupa pengunduhan data otomatis, koreksi citra satelit, dan prediksi kedalaman berdasarkan penggambaran optik yang secara signifikan meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengolahan data batimetri.

Aplikasi ini berupa pengunduhan data otomatis, koreksi citra satelit, dan prediksi kedalaman berdasarkan penggambaran optik yang secara signifikan meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengolahan data batimetri.

HidroSDB35 bisa memproses semua citra satelit (baik citra komersial maupun non komersial) dengan baik, ketelitian 1-2 meter. Software ini dikembangkan dengan metode deep learning dengan algoritma yang dikembangkan dan selalu diupdate untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi survei dan pemetaan.

HidroSDB35 tersedia secara komersial untuk pemetaan pantai dan pesisir, identifikasi terumbu karang, padang lamun, bahaya navigasi, serta kepentingan lainnya. Dan diharapkan menjadi aplikasi yang mampu mendukung berbagai macam aktivitas operasi hidrografi di antaranya operasi militer, keselamatan pelayaran, dan penelitian ilmiah.

Pemetaan cepat yang merupakan salah satu implementasi rapid environment assessment dapat menyajikan data lingkungan secara instant yang sangat dibutuhkan dalam operasi operasi khusus dan kedaruratan seperti operasi pendaratan amfibi, bantuan kebencanaan, evakuasi daerah terisolir, keselamatan pelayaran, dan lain-lain.

Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Militer dan Hidrografi Nasional memainkan peran penting dalam pengumpulan data kedalaman perairan untuk melakukan pemetaan dasar laut untuk berbagai keperluan.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait