Apresiasi Gen Z dalam Politik, Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim: Setiap Kita Berperan dalam Perkembangan Bangsa

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur Lilik Hendarwati menyampaikan bahwa masyarakat punya peran sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa, khususnya untuk generasi muda.

Menurutnya, masing-masing personal memang sudah seharusnya peduli pada bangsa, salah satu bentuknya adalah dengan memiliki kesadaran politik di negara demokrasi seperti Indonesia.

“Jadi masing-masing kita harus punya keyakinan, pemahaman yang utuh tentang politik, baik tentang bagaimana memilih pemimpin, bagaimana penyerapan aspirasi rakyat dan lain-lain sebagainya, tanpa melihat dari golongan mana, tentu akan baik untuk bangsa kita,” kata bendahara DPW PKS Jatim ini.

Meski demikian, wanita cantik berhijab yang selalu tampil penuh energik ini tidak menampik, kesadaran politik bisa memungkinkan memunculkan fanatisme politik jika dilakukan tanpa sikap realistis logis.

“Fanatisme pada politik berkembang akhir-akhir ini, hampir 2 periode dapat fenomena yang luar biasa. Masyarakat antusias dalam merespon calon pemimpin nasional maupun daerah yang dianggap cocok dengan pilihannya. Antusiasme yang membabibuta ini yang membuat kadangkala logika diabaikan,” sambungnya.

Terlebih, ada efek Ruang Gema atau Echo Chambers yang tercipta dari media sosial. Algoritma media sosial, membuat pengguna medsos akan disajikan hal serupa dengan kecenderungannya.

Hal ini, membuat pengguna media sosial ini akan mendapatkan informasi yang sama. Informasi tentang calon pimpinan yang dipilih akan berkumpul menjadi satu.

“Inilah yang membuat respon terhadap calon terlalu berlebihan. Mungin tidak kenal betul, tapi membela mati-matian. Bahkan dengan kata-kata yang berlebihan, dengan menghujat yang tidak sependapat, kata-kata yang terlepas dari luapan emosi tanpa menggunakan proses realistis logis. Kalo ketemu dengan lawan, jadi seperti kucing dan anjing yang membahayakan bagi persatuan bangsa,” ujarnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait