Aurora Bagikan Pengalaman Belajar di Australia Berkat IISMA

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Aurora Nuha Sadida merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (Unair) yang terpilih menjadi salah satu awardee IISMA. Saat ini, ia tengah menempuh studi di The University of Queensland.

Aurora memilih University of Queensland karena kampus asal Australia itu memberikan opsi mata kuliah yang sesuai dengan minatnya dan memiliki lingkungan belajar yang inklusif.

“Selain itu, kota Brisbane juga terkenal dengan komunitasnya yang beragam dan ramah. Sehingga, ini membuat saya merasa nyaman untuk melanjutkan studi di sini,” ungkap Aurora.

Sistem Belajar di Kampus

Selama mengikuti program, Aurora mendapatkan banyak pelajaran baru. Salah satu pengalaman tak terlupakan baginya adalah ketika beradaptasi dengan sistem transportasi umum di Australia.

“Selama di Surabaya, saya lebih sering menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor. Di sini, saya harus belajar menggunakan transportasi umum, dan ternyata sangat mudah dinavigasi. Saya berharap transportasi umum di Indonesia bisa terus berkembang,” ujar Aurora.

Terkait sistem pembelajaran, Aura menuturkan bahwa pada setiap mata kuliah terdiri dari sesi lecture dan tutorial. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa sistem diskusi sangat ditekankan di setiap mata kuliah.

“Pada sesi tutorial, mahasiswa lebih banyak berdiskusi dan memberikan opini terkait topik yang dibahas. Menurut saya, ini sangat efektif untuk membantu mahasiswa berpikir kritis dan memahami materi dengan lebih mendalam,” jelasnya.

Selama program, Aurora menghabiskan banyak waktu belajar di perpustakaan yang buka selama 24 jam. Ia juga aktif dalam kegiatan beberapa klub mahasiswa, termasuk baking club yang menjadi tempat baginya untuk mengurangi stres selama kuliah.

Selain itu, Aurora mengalami hal menarik ketika berangkat ke kampus dengan menggunakan ferry.

Lebih lanjut, Aura menjelaskan harga semua transportasi umum di area Queensland memiliki biaya 0.5 cents atau 6000 Rupiah sekali perjalanan.

“Di Brisbane, ada ferry yang bisa mengantarkan ke berbagai wilayah sepanjang Sungai Brisbane, termasuk kampus. Rasanya seru sekali karena ini pengalaman pertama saya ke kampus naik kapal,” cerita Aurora.

Motivasi dan Harapan

Aurora bercerita bahwa ia memiliki impian untuk menjadi dosen dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri. Mengikuti program IISMA membuatnya semakin termotivasi untuk mengejar impian tersebut.

“Program ini membuat saya merasa berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan mimpi saya. Saya berharap bisa memberikan wawasan dan bantuan kepada mahasiswa lain yang ingin mengikuti program ini di masa depan,” tuturnya.

Aurora berharap bisa mendapat kesempatan untuk membagikan seluruh ilmu yang telah ia pelajari di The University of Queensland.

“Jika diberi kesempatan, saya ingin berbagi pengetahuan tentang sejarah dan sistem politik Australia yang saya pelajari selama di sini,” tutupnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait