Bahayakah Tanaman Kecubung ( Devil of breath )

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Terpetik berita yang menghebohkan bahwa sekelompok Pemuda meninggal dunia karena memakai buah kecubung yang overdosis dan dicampur dengan alkohol lain.sesuatu ywng sangat disedihkan untuk para orang tuw membiaarkan buah hatinya keracunan kecubung.
Belum lagi tetangga kami anak remaja dari Pak charlie menggunakan tanaman kecubung sampai tiap hari mengfly diri hingga depresi berat dan mau bunuh diri.

Buah kecubung memiliki julukan “the devil’s breath” atau “napas setan”. Hal ini karena buah ini mengandung zat bernama skopolamin yang bisa memberi efek tertentu pada tubuh. Siapa pun yang mengonsumsi zat ini dapat mendapat efek serperti jadi zombi. Zat ini bahkan berpotensi sangat berbahaya, terutama dalam dosis tinggi. Karena dapat merusak daya ingat dan menimbulkan kematian.

Kecubung mengandung senyawa antikolinergik yang terdiri dari atropin, skopolamin, dan hiosiamin. Senyawa yang punya efek antikolinergik berarti mampu
1. Memengaruhi sistem saraf pusat dan otot-otot halusinasi,
2. Peningkatan denyut jantung, pupil melebar, mulut kering,
3. Gangguan sistem pencernaan
Mengonsumsi bagian mana pun dari tanaman kecubung dapat membuat Anda berhalusinasi. Hal ini disebabkan oleh kandungan alkaloid tropana dalam kecubung yang memiliki efek antikolinergik sehingga dapat meracuni sistem saraf dan menimbulkan gejala berupa halusinasi dan kejang.
SEJARAH KECUBUNG DI INDON3SIA
Tanaman Kecubung( Datura stramoniumz) di Indonesia, merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai pengobatan; tanaman ini dapat disalahgunakan sebagai zat psikotropika. Gejala klinis kasus ini adalah gejala peningkatan saraf parasimpatis berupa midriasis, kulit kering, dan takikardia. Tatalaksana keracunan tanaman Kecubung bersifat suportif, umumnya akan membaik sendiri; jika berat dapat diberi reversiblecholinesterase inhibitor seperti physostigmine.
Secara umum, durasi waktu efek samping kecubung akan dimulai kisaran 30-60 menit setelah tanaman tersebut dikonsumsi oleh seseorang, misalnya saja dengan diolah menjadi bahan baku rokok. Kemudian efek sampingnya akan terus berlangsung selama 24-48 jam lamanya.

Buah kecubung dapat menyebabkan banyak dampak negatif jika kamu mengonsumsinya. Termasuk efek halusinasi, hingga kecanduan. Meski tergolong buah-buahan, kecubung memiliki dampak negatif yang serius bagi tubuh. Bahkan, beberapa orang menyalahgunakan buah ini sebagai zat adiktif. Sebab, buah kecubung dapat menginduksi halusinasi dan euforia. Lebih jelasnya mengenai bahaya buah ini, dapat kamu simak dalam pembahasan berikut ini!

EFEK NEGATIF BUAH KECUBUNG
Buah kecubung memiliki efek anestesi, karena dapat menghilangkan kesadaran seseorang. Buah ini juga mengandung zat yang dapat menyebabkan halusinasi dan memberi efek relaksasi, yaitu metil kristalin.buah ini juga mengandung senyawa alkaloid, seperti atropin, hiosiamin, skopolamin yang bersifat antikolinergik. Karena berbagai kandungan tersebut, beberapa orang menggunakan buah ini sebagai obat rekreasi yang menginduksi halusinasi dan euforia.Berikut ini beberapa alasan buah ini bisa berbahaya:
1. Kecubung Menyebabkan Halusinasi
Dampak negatif dari buah kecubung adalah dapat menyebabkan halusinasi dan euforia atau rasa gembira sesaat. karena buah ini termasuk dalam golongan tanaman opioid, seperti ganja dan katinon.
2. Menimbulkan Efek Pengeringan pada Tubuh
Buah ini juga mengandung bahan kimia yang menyebabkan efek pengeringan pada tubuh. Buah ini juga juga memengaruhi otak dan jantung. Beberapa gejala yang dapat terjadi karena efek ini adalah:
3. Punya Julukan “The Devil’s Breath”
Buah kecubung memiliki julukan “the devil’s breath” atau “napas setan”. Hal ini karena buah ini mengandung zat bernama skopolamin yang bisa memberi efek tertentu pada tubuh. Siapa pun yang mengonsumsi zat ini dapat mendapat efek serperti jadi zombi. Zat ini bahkan berpotensi sangat berbahaya, terutama dalam dosis tinggi. Karena dapat merusak daya ingat dan menimbulkan kematian.
4. Kecubung Dapat Memengaruhi Sistem Saraf
Hal ini karena buah ini memiliki efek katinona, yang merupakan zat stimulan untuk sistem saraf pusat yang banyak digunakan sebagai club drug atau party drug.Zat berbahaya ini dapat membuat seseorang merasakan kesenangan dan kegembiraan yang tinggi, karena zat ini dapat merangsang ujung-ujung saraf. Bahayanya, zat katinon ini memiliki potensi menyebabkan kecanduan.

Buah kecubung m3ngandung zat katinona menyebabkan:
1. Sulit tidur.
2. Jadi bersemangat.
3. Percaya diri berlebihan.
4. Peningkatan gairah seksual.
5. Euforia (rasa gembira yang berlebihan).

Jika mengonsumsi buah ini kecubung zat berbahaya dalam jangka panjang, ada banyak efek berbahaya yang bisa timbul, seperti:
1. Stroke
2. Kesulitan tidur.
3. Gangguan irama jantung.
4. Anoreksia (gangguan makan).
5. Peningkatan tekanan darah.
6. Gangguan jiwa berat (gangguan psikotik).
7. Depresi berat sampai keinginan bunuh diri.
Demikian sekilas info efek negatif tanaman kecubung,jangan dicoba bisa menimbulkan efek negatif daripada positifnya, semoga bermanfaat bagi anda sebagai generasi muda tunas bangsa dan membangun tanah air tercinta.
RobertoNews 1813 《 16.7.24(15.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait