Bank Jatim Trade Connect Summit 2024, Pj. Gubernur Adhy Optimistis Antarkan UMKM Jatim Naik Kelas Go Internasional

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono optimistis Bank Jatim dapat mengantarkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur dapat naik kelas ke kancah internasional.

Optimisme ini disampaikan Adhy saat Pembukaan Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 dengan tema ‘Your Opportunity to Connect’ di Balai Pemuda, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Senin (14/10/2024) sore.

Dalam pembukaan tersebut, Adhy didampingi Direktur Keuangan, Treasury, dan Global Services Bank Jatim dan Sesditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI membuka acara yang di tandai dengan penekanan tombol sirine.

“Atas nama Pemprov Jatim, kami menyampaikan apresiasi kepada Bank Jatim sebagai motor yang menggerakkan UMKM sehingga bisa naik kelas,” ujar Adhy.

“Jadi namanya juga trade center, yang terkoneksi baik dengan dunia internasional. Membawa mitra buyer dari luar negeri dan langsung bertransaksi business matching dengan masing – masing produk,” tambahnya.

Adhy melanjutkan, peran perbankan apalagi bank daerah sangat penting untuk melatih pelaku UMKM. Terlebih, Jawa Timur mempunyai potensi UMKM dan Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa menopang ekspor.

“UMKM perlu peningkatan kapasitas untuk bisa mengakses dan belajar bertransaksi internasional. Ini juga bagian kecil dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-79 Pemprov Jatim,” kata Adhy.

“Bank Jatim sebagai BUMD yang memberikan kontribusi yang langsung dirasakan masyarakat utamanya bagi UMKM,” jelasnya.

Adhy juga optimis Bank Jatim sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur bisa berperan aktif dalam membantu memberikan pembinaan kepada para UMKM.

“Ini penting karena kontribusi UMKM terhadap PDB Jatim setiap tahun terus alami peningkatan. Tahun 2022 terdapat peningkatan sebesar 0,55 persen dibandingkan tahun 2021, sedangkan tahun 2023 – 2024 ditargetkan kontribusinya bisa mencapai 58,5 – 58,8 persen,” ungkapnya.

Sementara untuk, negara tujuan utama ekspor yakni ada Arab, Tiongkok, Hong akong, Jepang, Taiwan, Italia, Belanda, Singapura dan Malaysia.

“Kita sudah agak kewalahan dengan permintaan booth di luar negeri. Bahkan banyak Indonesia trade center yang meminta Jawa Timur ikut, dan Alhamdulillah banyak pengusaha yang berminat, jadi kami memfasilitasi perizinan tersebut,” tuturnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja ekspor ini, Pemprov Jatim melalui Disperindag serta lembaga terkait telah menjalankan berbagai program yang khusus pada peningkatan kapasitas pelaku usaha.

“Kami berupaya meningkatkan kapasitas pelaku usaha baik melalui pelatihan, promosi produk, maupun penyederhanaan perizinan usaha,” terang Adhy.

“Tidak hanya itu, Pemprov juga menjalin hubungan dengan berbagai asosiasi bisnis dan organisasi industri untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengakses pasar internasional,” imbuh dia.

Adhy mengungkapkan, salah satu tantangan utama yang dihadapi pelaku usaha dalam melakukan ekspor adalah akses pembiayaan. Untuk itu, Perbankan harus lebih inovatif dalam menyediakan produk yang dapat mempermudah pelaku usaha, khususnya UMKM.

“Perbankan juga perlu mengembangkan produk pembiayaan berbasis digital yang dapat mempermudah proses transaksi ekspor,” ucapnya.

Di akhir, Adhy berpesan untuk terus meningkatkan sinergitas antara Pemerintah dan Perbankan untuk menjadikan sektor ekspor sebagai pilar utama pertumbuhan ekonomi.

“Mari kita optimalkan potensi ekspor dengan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dan perbankan. Ini penting karena bisa memperkuat posisi Indonesia di pasar global,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan, Treasury, dan Global Services Bank Jatim, Edi Masrianto mengatakan acara Trade Connect Summit 2024 ini merupakan upaya Bank Jatim dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan perekonomian bangsa.

“Acara ini adalah program dari Bank Jatim sebagai bentuk kepedulian terhadap usaha UMKM binaan untuk naik kelas dan berkegiatan ekspor menciptakan serta menambah koneksi dengan potensi buyer dari luar,” jelas Edi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 41 booth UMKM binaan orientasi ekspor, booth layanan dari instansi Disperindag Jatim, Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, dan beberapa Perangkat Daerah lainnya di Jatim,” lanjutnya.

Edi berharap ini bisa meningkatkan peluang baru dengan goals dan berpotensi mengembangkan ekspor sekaligus meningkatkan kualitas neraca perdagangan Jatim.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Muhammad Suaib Sulaiman menyampaikan kegiatan ini adalah upaya pengembangan ekspor nasional.

“Jatim menjadi peluang besar dan harapan bagi Indonesia dan pelaku usaha maupun UMKM,” ujar Suaib.

“Ini langkah awal karena baru sampai MoU. Langkah selanjutnya adalah kesepakatan antara Bank Jatim dan Kemendag RI, kira – kira apa yang kita harus tonjolkan dan dorong agar Jatim bisa menjadi lebih baik,” tutupnya.

Sebagai informasi, telah dilakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang pembinaan pelaku usaha berorientasi ekspor dalam rangka pengembangan ekspor antara Bank Jatim dengan Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI oleh Direktur Keuangan, Treasury, dan Global Services Bank Jatim dengan Sesditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait