Bantu Atasi Dampak Kekeringan, Polsek Karangan Distribusikan Ribuan Liter Air Bersih

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Dampak kekeringan panjang sangat dirasakan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Bahkan di sejumlah titik, air bersih semakin langka, sehingga meresahkan warga. Melihat hal tersebut, jajaran kepolisian khususnya dibawah kendali Polres Trenggalek kembali menggelontorkan bantuan air bersih untuk masyarakat terdampak.

Salah satunya melalui ‘Patroli Genthong’, yakni program yang diinisiasi jajaran Korp Bhayangkara di Bumi Menak Sopal dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sebagaimana dilakukan oleh petugas dari Polsek Karangan yang mengirimkan ribuan liter bantuan air bersih ke sejumlah dusun di Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan.

Disela pendistribusian air bersih, Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, melalui Kapolsek Karangan AKP Zainuddin mengungkapkan jika ‘dropping’ air bersih kali ini diarahkan ke dua dusun. Yakni, Dusun Kariban dan Dusun Ngentrong, Desa Ngentrong dimana cukup banyak penduduk setempat yang mengeluhkan kesulitan air bersih.

“Kita upayakan bisa melakukan pengiriman setiap hari. Sehari bisa sampai dua kali pengiriman karena cakupan wilayah yang cukup luas,” ungkap AKP Zainuddin, Senin 9 September 2024.

Sedangkan untuk pemenuhan suplay air, masih kata dia, pihaknya mengambil dari depo PDAM terdekat. Antusiasme warga yang mengetahui kedatangan ‘Patroli Gentong’ ini sangat tinggi. Bahkan, kebanyakan sudah menyiapkan berbagai wadah di sepanjang jalan untuk memudahkan pendistribusian.

“Dibantu teman-teman dari TNI, BPBD dan Pemdes Ngentrong pendistribusian sangat lancar,” imbuhnya.

Masih menurut perwira ramah itu, ‘Patroli Gentong’ yang sudah berjalan hampir satu minggu ini tetap melibatkan stakeholder terkait termasuk tiga pilar dibantu masyarakat sekitar. Terlebih, warga Desa Ngentrong khususnya di dua dusun yang membutuhkan bantuan air bersih terhitung banyak.

“Pengiriman air bersih hari ini pada dua titik, yakni RT 11 dan RT 12,” ujar Kapolsek Karangan.

Sedangkan personel yang dikerahkan, sambung dia, bergantian sesuai dengan jadwal piket harian dengan sasaran menyesuaikan masukan dari Bhabinkamtibmas setempat. Namun, terkadang juga ada permintaan resmi dari masyarakat.

“Sebisa mungkin kita bantu dan cukupi. Polri sebagai representasi negara akan selalu hadir ditengah masyarakat dan berusaha membantu secara suka rela. Meski kecil, semoga niat baik ini bisa dirasakan manfaatnya,” harap AKP Zainuddin. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait