Banyak Toko Modern di Kota Batu Tanpa Izin Warga

  • Whatsapp

Batu (beritalima),-  Toko modern di Kota Batu, Jawa Timur semakin menjamur, hampir disemua desa ataupun kelurahan di seluruh wilayah Kota Batu sudah banyak berdiri toko modern Alfamart dan Indomart. Hal tersebut membuat khawatir para pedagang kecil disekitaran toko modern tersebut.

Seperti di Desa Pesanggrahan, tepatnya berada di pertigaan Jalan Suropati – Jalan Samadi (pojokan) beberapa rumah toko sedang dalam proses pembangunan. Informasi dari pekerja di tempat itu, ada dua ruko untuk alfamart atau toko modern.

Ironisnya, beberapa warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi bangunan ruko itu justru tidak mengetahui kalau akan ada usaha toko modern. Padahal untuk membuka usaha disuatu tempat ada istilah ijin warga setempat.

“Masuk ke wilayah orang seharusnya kulonuwun dulu. Tapi ini tidak sama sekali,” kata Imam yang rumahnya berada disekitar bangunan tersebut.

” Iya, bangunan ruko itu saya sendiri tidak tahu untuk apa,” sambung Imam.

Ia juga mengatakan dalam peraturan desa sudah ada pelarangan penambahan usaha toko modern di Desa Pesanggrahan, tetapi kenyataannya masih ada saja yang membuka usaha. “Atau para pengembang hanya ijin di tingkat kota saja ya,” kata pemilik usaha cucian ini.

Dirinya khawatir jika hal ini dibiarkan terus oleh pihak pemerintah, lama-lama para pedagang kecil tradisional pasti terkena imbas dari ini semua.

“Kasihan para pedagang kecil mas, kalau bisa pemerintah memikirkannya bagaimana efek dan imbas dari banyaknya toko modern,” keluhnya.

Senada dengan Imam, Mak Atik yang berjualan disekitaran Jalan Diponegoro, juga mengeluhkan hal yang sama.

Menurutnya, sebelum ada toko modern menjamur hasil jualanya cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-harinya, meskipun dirasa sangat minim. Namun, saat ini, penghasilan yang diperolehnya sangat menurun drastis, bahkan tidak sampai 50 persen dari hasil jualanya waktu dulu.

“Ya bagaimana lagi mas, keadaan sudah seperti ini. Ini mata pencaharian saya satu-satunya ya saya pertahankan sekuat tenaga meskipun hasilnya tidak seperti dulu sebelum banyak alfamart dan indomart di sini,”keluh wanita tua ini. (Lih)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *