Bedah Kebijakan BINTAHWILMAR, Kolonel Laut (P) Hariono Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

  • Whatsapp

SURABAYA | beritalima.com – Kolonel Laut (P) Hariono, SH, M.Tr., Perwira Menengah TNI AL yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satgas Yekda Korvet II, telah berhasil meraih gelar Doktor dengan predikat Cumlaude dalam Ujian Terbuka Program Dokotor Ilmu Administrasi Publik Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang digelar di Meeting Room Graha Wiyata Untag Surabaya. Kamis, 17 Oktober 2024.

Perwira menengah yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal XI Merauke ini mengangkat Disertasi yang berjudul “Implementasi Kebijakan Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim ( BINTAHWILMAR) Melalui Operasi Bhakti TNI AL pada Masyarakat Pesisir di Wilayah Kerja Pangkalan TNI AL (Lantamal) V di Surabaya” mendapat apresiasi tinggi dari para penguji dan penanya akademik.
Ujian terbuka tersebut dipimpin oleh Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM, CMA, selaku Rektor Untag Surabaya. Disertasi Kolonel Hariono mengkaji secara mendalam peran strategis TNI AL dalam membina ketahanan wilayah maritim, dengan fokus pada dampak sosial dan ekonomi Operasi Bhakti TNI AL terhadap masyarakat pesisir. Kebijakan ini dinilai efektif dalam meningkatkan ketahanan wilayah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja Lantamal V Surabaya.

Salah satu penanya akademik, Dr. H. Moh. Mukhrojin, SH, S.Pd.I, S.AP, M.Si, memberikan apresiasi khusus terhadap hasil penelitian Kolonel Hariono. Ia menyatakan, “Novelty dari penelitian ini sangat relevan dan bermanfaat, terutama bagi masyarakat pesisir pantai. Temuan ini tidak hanya memperkuat ketahanan wilayah, tetapi juga memberikan solusi konkret bagi pembangunan sosial-ekonomi di kawasan maritim.”
Dengan keberhasilannya meraih gelar Doktor dengan predikat Cumlaude, Kolonel Hariono tidak hanya menunjukkan dedikasinya di bidang akademik, tetapi juga memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan kebijakan TNI AL, khususnya dalam memperkuat ketahanan wilayah maritim dan hubungan sosial dengan masyarakat pesisir di Indonesia.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait