Beritalima Perwakilan Jateng Peduli Ekosistem Alam Tanam Ribuan Bibit Buah di Puncak Botorono Temanggung

  • Whatsapp
wisata botorono temanggung

TEMANGGUNG, beritalima.com | Beritalima perwakilan Jateng menggandeng RPLH (Relawan Peduli Lingkungan Hidup) dan Pemdes Petarangan beserta relawan kabupaten Temanggung, kabupaten Wonosobo kabupaten Magelang dan Kota Magelang melakukan penanaman bibit buah unggulan pada Minggu (27/2/2022) di Desa Petarangan Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung tepatnya di wilayah obyek wisata Puncak Botorono.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Desa Petarangan Jumarno beserta perangkat, Babinsa setempat, RPLH, GRI, GBM, LPBD Menoreh, CRM, BARET, Bibit Unggul Sejahtera, Wana Gemilang, Among Tani, Berkah Losembi, Lancar Usaha dan seluruh jurnalis Beritalima wilayah Jateng.

“Ini salah satu wujud kepedulian kami dalam upaya mengurangi dampak pemanasan global, menjaga ekosistem alam sekaligus pemberdayakan hasil hasil bibit buah setelah panen,” kata Edi, Kepala Perwakilan beritalima wilayah Jawa Tengah di sela-sela kegiatan.”Bibit yang ditanam yang diangkut oleh 4 mobil tersebut sekitar 1,250 buah terbanyak adalah durian dan alpokat berikutnya buah jambu dan buah lainnya.”

Sementara Ketua RPLH, Bibit mengatakan pelestarian alam dengan menanam bibit buah unggulan ini merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah semata.

“Syukur-syukur suatu saat pemerintah bisa menilai kinerja para relawan ini yang selalu peduli dengan lingkungan hidup, khususnya RPLH,” harapnya.

Menurutnya saat menanam pohon, kita juga sedang menanam doa dan harapan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang.

“Pada saat menanam kita juga berdoa agar tanaman ini dapat hidup sehingga akan memberi manfaat tidak hanya pada kita saat sekarang namun juga anak cucu kita dikemudian hari,’ doa pengusaha bibit buah di Salaman ini.

Lanjutnya dikarenakan daerah ini berdasarkan DPL-nya cocok untuk pohon durian dan alpokat maka bantuan bibit pohon ini lebih banyak dibanding dengan bibit pohon lainnya.

“Kita menyesuaikan kondisi alamnya untuk pemberian bantuan ini dan bantuan ini gratis serta tanamannya akan kita kontrol terus sebagai salah satu bentuk keberlanjutan kegiatan ini,” ucap Bibit.

Di tempat sama Kepala Desa Petarangan, Jumarno berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan konservasi di Puncak Botorono yang telah memberikan bantuan sepenuh hati kepada masyarakat desanya.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan kepeduliannya di kawasan wisata Puncak Botorono guna menjaga ekosistem alam dimana air tanah tetap terjaga, kera yang banyak hidup di sini mendapat makanan dari buah jambu dan lainnya yang ditanam sedang hasil buah durian dan alpokat semoga kedepan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Jumarno, Minggu (27/2/2022). (Gus Pram)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait