Berkomitmen Tinggi Kembangkan Infrastruktur Transportasi, Pemprov Jatim Raih Penghargaan Radar Surabaya Awards 2024

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperoleh penghargaan Radar Surabaya Awards 2024 atas komitmennya mendukung infrastruktur transportasi di Jawa Timur, Jumat (12/7/2024).

Penghargaan Radar Surabaya Awards 2024 tersebut diberikan langsung oleh Dirut Jawa Pos Radar Holding Leak Kustiya pada Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono yang diwakili oleh Kadis Kominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi Agustin di Ballroom Vasa Hotel Surabaya.

Atas diterimanya penghargaan tersebut, Adhy menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bersama-sama Pemprov dalam mengembangkan transportasi publik di Jatim. Tidak hanya pada layanannya, tapi juga dalam mewujudkan infrastrukturnya.

“Alhamdulillah Pemprov Jatim mendapatkan penghargaan khusus dalam komitmennya terhadap pengembangan infrastruktur transportasi Jatim. Ini adalah hal yang patut kita syukuri,” ucap Adhy di Surabaya, Sabtu (13/7/2924).

Adhy menjelaskan, Pemprov Jatim telah melakukan banyak program untuk mengembangkan sarana transportasi di Jatim. Mulai dari peningkatan infrastruktur transportasi yang dijajaki dengan Jepang juga kerjasama teknis bidang transportasi massal berupa Mass Rapid Transit (MRT), juga pengembangan kerjasama transportasi publik berbasis digital Gerbangkertosusila dan proyek Surabaya Urban Mobility Plan (SUMP).

“Selain dengan Jepang kami juga lakukan penjajakan dengan Dubes Ceko Maret lalu. Semuanya kami lakukan untuk pemenuhan pelayanan kebutuhan publik,” tambah Adhy.

Hal tersebut lanjut Adhy, merupakan langkah awal untuk mewujudkan moda transportasi massal yang lebih layak dan lebih massif di Jatim. Menurutnya, peningkatan transportasi umum merupakan kebutuhan pelayanan publik yang saat ini menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia utamanya di Jawa Timur.

“Semua sudah ada master plan-nya. Kita sudah bahas kerja sama dan sudah mengerucut. Harapannya, semua proses berjalan lancar hingga akhir,” ungkapnya.

Keseriusan Adhy terhadap pengembangan infrastruktur transportasi juga dibuktikan dukungan penuh terhadap rencana Feasibility Study (FS) untuk Mass Rapid Transit (MRT) System di Surabaya yang akan bekerjasama dengan Pemerintah Inggris.

Perlu diketahui, transportasi publik MRT sebelumnya telah dilakukan kajian Pra FS oleh JICA. Lalu, pada Desember 2023, Pemerintah Inggris berkomitmen untuk membantu melanjutkan kajian FS tersebut.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga bekerjasama dengan Pemerintah Jerman dalam rencana pengembangan kereta api di Surabaya Metropolitan Area meliputi pembangunan jalur ganda Mojokerto-Sepanjang pada 2021 – 2024, proyek Surabaya Regional Railway Line (SRRL) double track Fase 1A Gubeng – Sidoarjo 2025 – 2027, Autonomous Rail Rapid Transit (ART), serta Mass Rapid Transit (MRT).

Pemprov Jatim juga menargetkan melaunching 2 koridor Bus Trans Jatim tahun ini. Yakni Koridor IV, Bunder (Gresik) – Paciran (Lamongan) dan Koridor V yakni Surabaya Bangkalan. Koridor IV akan dilaunching bulan Agustus, sedangkan Koridor V bulan Oktober mendatang.

Oleh karena itu, dengan berbagai kontribusi kerjasama teknis bidang infrastruktur transportasi ini, Radar Surabaya yang dipimpin oleh Direktur PT. Radar Media Surabaya Lilik Widyantoro, memberikan penghargaan terhadap Pj. Gubernur Adhy.

“Bapak Pj. Gubernur Adhy sukses membangun infrastruktur di Jawa Timur,” ujarnya.

Bahkan secara khusus, Pemimpin Redaksi Radar Surabaya cetak Nofilawati Anisa memuji keberhasilan Pj. Gubernur Adhy.

“Beliau dianggap berhasil dalam infrastruktur transportasi Jatim sangat luar biasa. Ini bukan cuma dari pantauan kami, tapi berdasarkan survei dari masyarakat,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait