Bersaing dengan 25 Ribu Pendaftar, Rani Lolos MSIB di United Tractors

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan program prestisius dari Kemdikbudristek yang membuka kesempatan bagi mahasiswa aktif mulai semester V untuk berkarya dan mengembangkan diri di perusahaan ternama.

Rani Idealistanti Osmena, mahasiswa tahun ketiga Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unair merupakan salah seorang peserta MSIB Batch 6 di United Tractors (UT). Berkat mengikuti MSIB di UT, Rani belajar banyak tentang sektor industri alat berat, kontraktor penambangan, hingga konstruksi industri dan energi.

Perjalanan Rani menuju perusahaan penyedia mesin konstruksi terbesar di Indonesia itu tidaklah mudah. Ia menyampaikan, dari 25.000 ribu mahasiswa yang mendaftar MSIB di UT, hanya 1,6 persen peserta yang lolos hingga tahap akhir.

Mahasiswa akuntansi itu sendiri berhasil lolos pada divisi Organization Development & Cost Control. Sebelum menempati posisinya sekarang, Rani harus melalui berbagai tahapan seleksi. Mulai seleksi berkas, psikotes, hingga wawancara.

Project di UT

Selama menjalani MSIB Batch 6 di UT, Rani seringkali dilibatkan pada project-project besar. Salah satu project utamanya, yakni digitalisasi SK untuk rotasi, mutasi, dan penugasan karyawan. Digitalisasi SK itu memudahkan untuk pembuatan SK melalui one gate system. Sehingga memudahkan divisi lain dalam mengelola dan mendapatkan informasi karena terintegrasi dengan database perusahaan.

“Kurang dari tiga bulan, saya berhasil menyusun development framework dan flow SK digitalisasi. Sekarang, inovasi itu sudah melewati UI/UX untuk perancangan prototype dan bagian developer untuk development sistemnya,” ujar Rani.

Proyek lainnya yaitu Blueprint Human Capital. Pada project Blueprint Human Capital, terdapat tiga tahap yang menuntut Rani menyelesaikannya secara optimal. Pertama, merancang business process keseluruhan operasi Bhumi Jati Power (anak perusahaan UT).

Kedua, melakukan re-struktur organisasi dengan tujuan efektifitas dan efisiensi. Kemudian, menyusun jobdesk.

Tips Lolos MSIB di UT

Rani mengaku, ia tidak memiliki pengalaman langsung di bidang Organization Development & Cost Control, bahkan tidak terlalu aktif berorganisasi. Namun, UT memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa tanpa memandang latar belakang jurusan.

Melihat peluang tersebut, Rani mengoptimalkan CV yang dia miliki dengan mencantumkan sejumlah prestasinya. Sebelum ini, Rani meraih Gold Medal dan The Winner of Business Best Idea Award di ajang International Youthpreneur Competition 2024, 1st Winner Business Planning di ajang Kopma Unusa, 1st Winner P2MW KMI oleh Kemdikbudristek di Bidang Produksi/Budidaya, serta menjuarai 10 kompetisi lain terkait inovasi dan bisnis.

“Kemungkinan besar, sertifikat kejuaraan selama ini yang menjadi faktor saya lolos MSIB di UT bagian Organization Development & Cost Control meski minim pengalaman. Oleh karena itu, selama di divisi ini, saya terlibat dalam project-project besar berbasis inovasi,” papar Rani.

Kendati demikian, menurut Rani berdasarkan pengalaman intern UT lainnya, tidak semua peserta MSIB UT menonjol di prestasi non-akademik. Ada pula yang memiliki nilai akademik menjulang. Atau berbekal sertifikasi pelatihan, bootcamp, maupun kompetensi keahlian. Bahkan sekadar mencantumkan pengalaman organisasi yang relevan di CV.

Rani berpesan, optimalkan CV dengan mencantumkan sesuatu yang unggul dalam diri sendiri. Baik itu unggul di organisasi, kemampuan akademik, atau hal lain. Kemudian, persiapkan psikotes sedini mungkin dan banyak berlatih untuk sesi wawancara.

Kisah Rani merupakan inspirasi bagi para mahasiswa yang pesimis untuk lolos MSIB di top company. Ia menunjukkan dengan tekad, kerja keras, dan persiapan yang matang, tidak ada yang mustahil untuk diraih.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait