Berubah Dari Miskin Jadi Mandiri, Desa Tegaren Diapresiasi Wabup Trenggalek

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Mengantarkan kunjungan lapangan Tim Penilai Pemilihan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023, ke Desa Tegaren, Kecamatan Tugu, Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhammad Natanegara sempat juga berikan apresiasi. Sekaligus, dirinya membeberkan bagaimana DesaTegaren tersebut mampu merubah diri dari miskin menjadi desa yang penuh prestasi dan inovasi.

Ada banyak inovasi yang dilakukan oleh desa ini sehingga merubah gaya hidup masyarakatnya mendorong kehidupan setiap keluarga menjadi lebih berkualitas. “Sebelum menjadi Kampung KB, Tegaren merupakan salah satu desa kecil miskin dengan SDM yang kurang sehingga keberadaannya kurang diperhitungkan,” ucap mantan anggota DPRD Trenggalek ini dalam tinjau lapang Kampung Keluarga Berkualitas, Selasa (11/4).

Akan tetapi, sambungnya menambahkan, “setelah menjadi Desa Kampung KB, desa ini sekarang menjadi desa yang penuh dengan prestasi inovasi dalam berbagai bidang. Diantaranya di bidang pemerintahan kesehatan lingkungan hidup dan prestasi yang diraih bukan hanya di tingkat kecamatan maupun kabupaten, akan tetapi sudah mencapai tingkat provinsi bahkan nasional,” imbuhnya.

Salah satu inovasi itu diantaranya “Rantang Berjalan Oleh Kader Gizi Tegaren Bersama Dapur Ibu”. Ini merupakan inovasi dari dapur sehat untuk atasi stunting yang bekerjasama dengan Rumah Zakat Pusat.

Inovasi ini sudah berkembang melayani pesanan PMT balita dari desa-desa lain dan berbagai makanan dari rumah ke rumah maupun makan dalam berbagai kegiatan. Kemudian inivasi lainnya ada liontin emas layanan konseling calon pengantin menuju eliminasi masalah anak stanting.

Terus kolam ikan keluarga Desa Tegaren yang merupakan program inovasi meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Ini merupakan salah satu kegiatan seluruh warga. Masyarakat mendapat bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan dalam gorong-gorong atau ember.

Inovasi lain Kalung Lansia yang merupakan akronim dari kunjungan langsung pada lansia dan masih banyak inovasi yang lainnya. Sedangkan untuk prestasi yang diraih Desa Tegaren usia menata diri diantaranya Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023. Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022 dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf).

Kemudian terbaik pertama desa wisata kategori ekonomi kreatif tingkat kabupaten Trenggalek, penghargaan sebagai kawasan tanpa asap rokok serta terbaik satu, Kampung KB percontohan Kabupaten Trenggalek tahun 2020.

Melanjutkan pesannya Mas Syah sapaan akrab wakil bupati ini, “Mari kita jadikan Kampung KB tidak hanya berbicara atau membatasi ledakan penduduk tetapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan,” pungkasnya.

Ketua tim penilai Pemilihan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023, Ali Imran dalam kesempatan itu mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kampung KB Desa Tegaren dalam mendorong keluarga di daerahnya menjadi keluarga yang berkualitas. Juri yang juga merupakan salah satu dosen di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Surabaya itu menegaskan dari semua inovasi itu yang terpenting adalah rembesan nya. “Bagaimana dampak atau impact-nya ditengah masyarakat. Inilah yang ingin kami tinjau nanti,” tandasnya. (Pro/her)

beritalima.com

Pos terkait