Bisakah Orang Hamil Makan Pisang!!!

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Pertanyaan ini selalu kita dengar dimana mana ? Bisakah orang hamil makan pisang, Tentu sangat bisa ,Membahas pisang banyak ceritanya seperti Bu Anggun yang ahli masak selalu mengola pisang jadi menu makanan yang lezat antara lain : Pisang Goreng, Kolak, Kripik Pisang,Roti Pisang, Pisang Saleh, Pisang coklat.Es kulkul Pisang , Smooth ties, bolu Pisang ,Slice Pisang ,juice Pisang dll, Ada rumor berkata :”orang hamil tak boleh makan pisang” mari kita bahas……..!

Untuk memastikan nutrisi selama kehamilan terjaga, ibu dianjurkan untuk memperbanyak makan buah-buahan. Salah satu buah yang bisa memenuhi asupan nutrisi ibu hamil adalah pisang. Meski demikian, ada juga jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi 1-2 buah pisang berukuran sedang setiap hari. Wanita hamil yg mengidap diabetes gestasional juga tidak boleh makan pisang terlalu banyak. Pisang sebaiknya nggak dikonsumsi saat perut kosong oleh wanita hamil karena bisa menyebabkan keasaman dan masalah usus. Keasaman berisiko menyebabkan komplikasi parah dan mungkin bakal berdampak pada bayi secara nggak langsung. Sebaiknya hindari pisang kalau ada kandungan asamnya.
Salah satu jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil adalah pisang mentah. Pisang mentah mengandung pati resisten yang sulit dicerna tubuh dan dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus, sehingga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit

Pisang kepok dikatakan sangat baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat penting untuk pertumbuhan janin terutama pada bagian otak dan tulang belakang .Buah pisang mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Kandungan kalsium tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang dan janin. Dengan kata lain, kalsium di dalam pisang dapat mencegah kelainan struktur tulang pada janin dan dapat mencegah terjadinya gangguan tulang pada ibu hamil

MANFAAT PISANG PADA WANITA HAMIL
1. Mengurangi Morning Sickness :Ibu hamil biasanya akan sering merasa mual dan muntah di pagi hari, terutama pada trimester kehamilan pertama. Kondisi tersebut disebut dengan nama morning sickness, untuk menguranginya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah pisang.

2. Menurunkan risiko edema ;Jika ibu melihat adanya pembengkakan pada persendian atau pergelangan kaki, sebaiknya hindari konsumsi makanan asin. Sebagai gantinya ibu dapat mengonsumsi pisang dalam makanan. Cara tersebut dapat meredakan pembengkakan.

3. Menjaga tekanan darah; Potasium tersedia dalam jumlah banyak dalam pisang. Ini adalah mineral penting yang mengontrol tingkat tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi pisang saat hamil, maka dapat mencegah tekanan darah tinggi.

4. Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Janin :Kandungan asam folat yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi untuk membantu proses perkembangan syaraf dan otak janin. Selain itu, asam folat juga berfungsi untuk mencegah terjadinya bayi lahir prematur dan lahir cacat.

5. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia ;Untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang berperan untuk memproduksi sel-sel darah merah.

6. Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan ;Di dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan ibu hamil, seperti sembelit, susah buang air besar dan wasir. Selain itu, kandungan serat dalamnya juga berperan untuk menyehatkan organ-organ pencernaan

7. Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan :Kandungan serat serta komponen mineral yang terdapat di dalam buah pisang seperti, kalium, kalsium dan magnesium berperan untuk meningkatkan proses metabolisme sehingga dapat berlangsung lebih cepat dan dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan.

8. Menambah Energi ;seorang ibu hamil cepat merasa lelah dan lemas saat beraktivitas. Jika tak ingin hal tersebut terjadinya, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Mengkonsumsi pisang juga dapat dijadikan pilihan untuk menambah energi.

9. Menambah Nafsu Makan ; Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi buah pisang. Kandungan berbagai nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan.

10. Mencegah Rasa Stres ;Selain mengalami perubahan fisik dan hormon, ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosi sehingga menjadi lebih emosional dan sensitif. Rasa buah pisang yang manis dan enak dapat digunakan untuk menenangkan pikiran sehingga dapat mencegah ibu hamil mengalami rasa stres.

11. Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Janinnya ; Buah pisang mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Kandungan kalsium tersebut mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang dan janin. Dengan kata lain, kalsium di dalam pisang dapat mencegah kelainan struktur tulang pada janin dan dapat mencegah terjadinya gangguan tulang pada ibu hamil.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh ; Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau sistem ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah pisang agar terhindar dari ancaman penyakit dan gangguan pada janin.

13. Membantu mencegah infeksi ;Pisang juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini berperan dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk membantu melawan infeksi. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin makan pisang.

Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tidak semua jenis pisang dapat dikonsumsi dan bernilai ekonomi, oleh karena itu sebelum berbudidaya kita mesti mengenal pisang apa saja yang bisa dikonsumsi dan bernilai ekonomis. Berikut ini adalah 20 (dua puluh) jenis pisang yang dapat dikonsumsi & bernila ekonomis/dikomersilkan:

1. Pisang Raja
2. Pisang Ambon Lumut
3. Pisang Barangan
4. Pisang Raja Sereh
5. Pisang Mas
6. Pisang Kepok
7. Pisang Raja Molo
8. Pisang Giant Gavendish
9. Pisang Kual Hong Thong
10. Pisang Nangkah
11. Pisang mas.
12. Pisang raja.
13. Pisang nangka.
14. Pisang susu.
15. Pisang batu.
16. Pisang barangan

Meskipun buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk hamil, namun setiap ibu hamil harus tetap
1. Mengimbanginya dengan mengonsumsi aneka makanan hingga minuman bernutrisi tinggi,
2. Menjalankan pola hidup sehat, beristirahat secara teratur dan tidak malas untuk bergerak.
Semua itu berguna untuk menyehatkan kondisi ibu hamil dan janinnya serta dapat melancarkan proses persalinan. Supaya tidak bosan mengkonsumsi buah pisang secara langsung, sebaiknya olahlah menjadi makanan yang menggugah selera makan.
Demikian sekilas info pengetahuan tentang pisang,semoga bermanfaat guna
RobertoNews 1851《 14.10.24 (10.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait