Bitcoin Sebagai Aset Menarik Jelang Halving Tahun 2024

  • Whatsapp

 

Halving Bitcoin sebentar lagi akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan. Banyak investor yang menyikapi dengan optimis, berhati-hati, bahkan ada yang tidak ingin mengambil resiko terhadap pergerakan pasar yang volatilitasnya sangat instan.

Apa itu Halving Bitcoin

Halving Bitcoin merupakan peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun sekali. Hal ini disebabkan oleh pengurangan reward para penambang hingga separuhnya. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan inflasi pada Bitcoin.

Selain untuk mengendalikan inflasi, tujuan dari halving Bitcoin juga untuk memastikan Bitcoin baru yang masuk pasar berkurang secara bertahap. Proses halving ini merupakan bagian penting dari keberlanjutan ekonomi Bitcoin dalam jangka panjang.

Dengan kondisi tersebut, dimana permintaan stabil atau meningkat tetapi persedian Bitcoin yang berkurang tentunya menyebabkan harga Bitcoin bergejolak. Hal inilah yang membuat investor bingung untuk beli Bitcoin maupun jual Bitcoin

Prediksi para ahli dan praktisi investasi

Seberapa menarik aset Bitcoin menjelang halving Bitcoin? Menurut beberapa ahli dan praktisi investasi Bitcoin, mereka menganggap bahwa Bitcoin masih sangat berharga di kalangan  penggemar kripto, terutama menjelang halving tahun 2024 yang merupakan peristiwa yang ditunggu-tunggu oleh investor.

Meskipun Bitcoin dan aset kripto lainnya telah mengalami perubahan signifikan sejak September tahun lalu, namun dominasi Bitcoin terus tumbuh. Sementara itu, Pada kuartal ketiga  tahun  2023, dominasi Bitcoin sebesar 50,16%, sedangkan pada kuartal kedua  2023 sekitar 47%.

Hal ini menunjukkan bahwa permintaan Bitcoin terus meningkat, karena investor terburu-buru dalam jangka panjang dan terus mengakumulasi Bitcoin, terutama untuk bersiap menghadapi halving Bitcoin.

Sehingga banyak ahli menyarankan investor pemula untuk mulai menabung Bitcoin menggunakan Dollar Cost Averaging (DCA) sebelum harganya semakin meningkat pada kuartal keempat tahun  2023. Peristiwa pemotongan separuh reward para miner tentunya membuat Bitcoin naik secara signifikan.

Sementara itu, secara historis setelah halving Bitcoin pada tahun 2013 mencatat kenaikan harga Bitcoin hingga 93,1 kali lipat atau setara Rp 164 juta, dan pada tahun 2017 meningkat 30,1 kali lipat sehingga membuat Bitcoin mencapai level Rp 300 juta, pada tahun 2021. itu bernilai Rp. 939 juta.

Dan diperkirakan halving bitcoin pada tahun 2024 meningkat menjadi 4,2 kali lipat. Sebelum kenaikan harga terjadi masyarakat diimbau bersiap menghadapi bearish face. Jadi sebelum halving, investor juga perlu bersiap menghadapi fluktuasi ini

Mempelajari sejarah selama paruh kedua tahun 2017, penawaran koin perdana (ICO) menjadi katalis bagi pergerakan Bitcoin. Kemudian pada tahun 2021, DeFi (mata uang terdesentralisasi) dan NFT (non-fungible token) menjadi kekuatan pendorong di balik kenaikan tersebut.

Sementara itu, untung halving Bitcoin pada tahun 2024, banyak faktor yang akan mempengaruhi pergerakan pasar. salah satu kondisi yang dapat menjadi pendorong adalah Bitcoin ETF (Exchange-Traded Fund) yang menawarkan perbedaan kepada orang lain untuk berinvestasi di Bitcoin serta situasi makroekonomi yang bergantung pada keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga.

Indodax dorong investasi di Bitcoin sebelum halving

Peristiwa halving Bitcoin ini tentunya memunculkan banyak prediksi dari para ahli dan praktisi. Begitu juga dengan bursa exchange seperti Indodax yang memberikan prediksi kepada para investor cryptocurrency untuk membeli Bitcoin menjelang halving Bitcoin.

Jika banyak orang yang ragu apakah pergerakan pasar menjelang dan setelah halving Bitcoin dapat mendatangkan keuntungan atau kerugian, maka Indodax memberi saran untuk para investor untuk membeli Bitcoin.

Peristiwa dimana Bitcoin mengalami pengurangan dan permintaan tinggi tentunya menciptakan gejolak harga Bitcoin yang akan melesat secara signifikan. Namun seperti diketahui kondisi pasar bitcoin juga dipengaruhi beberapa faktor seperti kondisi perekonomian, regulasi baru, dll yang bisa membuat harga Bitcoin juga terjun bebas.

Indodax mendorong investor untuk mulai berinvestasi Bitcoin secara rutin menggunakan metode Dollar Cost Averaging (DCA) sebelum terjadinya halving Bitcoin  yang akan terjadi beberapa minggu lagi.

Jika biaya blok dikurangi setengahnya akan membatasi jumlah bitcoin baru yang masuk ke pasar, ketika pasokan baru berkurang dan permintaan tetap tinggi atau bahkan meningkat, ini akan membuat harga bitcoin naik.

CEO Indodax, Oscar Darmawan dalam pernyataannya mengungkapkan Investasi dalam mata uang dolar (DCA) adalah strategi investasi kripto reguler di mana investor dapat membeli aset kripto dalam jumlah reguler pada interval yang telah ditentukan, terlepas dari harga barang pada saat pembelian.

Dengan menerapkan metode DCA, investor dapat membeli porsi saham yang lebih besar saat harga sedang rendah dan membeli lebih sedikit saat harga sedang tinggi. Hal ini menciptakan harga beli yang lebih rendah dibandingkan membeli semuanya sekaligus.

Sementara itu, peristiwa halving Bitcoin terjadi setiap empat tahun sekali dan selanjutnya akan terjadi pada tahun 2024. Halving Bitcoin mengurangi laju produksi koin baru, sehingga mengurangi jumlah pasokan baru yang tersedia.

Ketika pasokan baru berkurang, sementara permintaan tetap tinggi atau bahkan meningkat, harga bitcoin pun meningkat. Paruh hari pertama terjadi pada tahun 2012 dengan peningkatan sekitar 9.800 persen hingga mencapai periode terpanjang pada tahun 2013.

Sedangkan paruh kedua terjadi pada tahun 2016 dengan peningkatan sekitar 3.000 persen ke level tertinggi sepanjang masa pada tahun 2017. Kemudian, paruh hari ketiga terjadi pada tahun 2020 dengan peningkatan sekitar 700 persen ke level tertinggi sepanjang masa tahun 2021.

Bahkan ia mengatakan tahun 2023 adalah saat yang tepat untuk mengumpulkan portofolio mata uang kripto, karena harganya saat ini sedang rendah. Peristiwa ini terjadi karena sejak tahun 2022 hingga saat ini, aset kripto tersebut mempunyai masa berjalan, suatu keadaan umum yang terjadi ketika bitcoin mencapai level tertinggi dalam sejarahnya.

Indodax kini memiliki fitur baru untuk membantu investor berinvestasi dengan metode DCA yang disebut fitur Investing Routine. Fitur ini memungkinkan investor untuk berinvestasi dalam jumlah yang sama secara rutin, bulanan, atau mingguan.

Ia juga menjelaskan terkait dengan fitur ini,  investor dapat berinvestasi menggunakan dompet IDR atau e-wallet dengan penarikan otomatis. Sistem akan memfasilitasi pembelian cryptocurrency ketika pengguna memutuskan.

Namun untuk menggunakan fitur ini, investor harus menyelesaikan proses registrasi terlebih dahulu dan melalui proses Know Your Customer (KYC). Selain itu, akun pengguna tidak boleh memiliki saldo terkunci untuk memenuhi persyaratan fitur ini.

Itulah beberapa analisa yang dilakukan oleh para ahli dan praktisi Bitcoin baik dari luar negeri  maupun dalam negeri. Kesimpulannya pada dasarnya dengan terjadinya halving Bitcoin pasti menciptakan kenaikan harga bitcoin yang meningkat karena Bitcoin berkurang sementara permintaan meningkat.

Setelah mempelajari sejarah halving Bitcoin selama 3 periode sebelumnya mendeskripsikan kesimpulan bahwa terjadi kenaikan harga, sehingga menjelang halving Bitcoin Indodax menyarankan untuk banyak investasi pada Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan dari peristiwa yang terjadi selama 4 tahun sekali.

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait