Bondowoso Akan Jadi Sentra Komoditas Pisang Cavandish

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menemui eksportir pisang Cavandish di Peringgitan (Rois beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com| Pemkab Bondowoso mendapat kunjungan eksportir pisang Cavandish selasa (10/03) bertempat di peringgitan pendopo dan ditemuin langsung oleh Bupati Salwa Arifin serta Sekretaris Daerah Syaifullah.

Kunjungan PT. Great Giant Pineapple (GGP) kali ini bertujuan untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bondowoso perihal pengembangan tanaman pisang Cavandish yang saat ini memiliki nilai ekonomis tinggi.

Bacaan Lainnya

Menurut Corporate affair PT. GPP, Willy Sugiono saat ditemuin awak media mengatakan bahwa, tanah Bondowoso sangat prospek ditanami pisang Cavandish karena berada diketinggian 500 MDPL. Sehingga sangat cocok untuk pengembangan pisang Cavandish.

“Seluruh proses penanaman, mulai dari pengadaan bibit, proses perawatan hingga menampung hasil pertanian. Kita membantu mengembangkan apa yang ada di daerah. Kita tanam yang baik sehingga hasilnya 100% kita yang beli,” ungkapnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa kultur tanah Bondowoso sangat cocok sekali dengan tanaman pisang Cavandish ini. Dirinya meyakini bahwa pisang Cavandish di Bondowoso bisa meningkatnya nilai ekonomi masyarakat.

“Kami optimistis proyeksi pengembangan pisang cavandish berjalan lancar. Sebab, selain adanya kesungguhan dari Pemkab Bondowoso, pihaknya juga menilai secara geografis Bondowoso yang dominan akan dataran tinggi sangat cocok untuk pisang cavandish tumbuh,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Bondowoso melalui Sekretaris Daerah Syaifullah berharap pengembangan pisang cavandish menjadi langkah tepat untuk memajukan pertanian Bondowoso.

“Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik karena di Indonesia hanya beberapa Kabupaten yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk mengembangkan buah pisang jenis ini,” tuturnya.

Maka dirinya berharap dari hasil percontohan penanaman kurang lebih 4 Hantar ini bisa dipastikan nantinya bagus. Karena, dengan begitu akan ada ketertarikan masyarakat untuk ikut membudidayakan tanaman pisang Cavandish ini.

“Ini peluang bagus ,ini langkah maju bagi pertanian Bondowoso. Karena di Indonesia hanya beberapa Kabupaten yang ditunjuk oleh pemerintah pusat ,” Pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com

Pos terkait