BPBD Tulungagung Mengikuti Gelar Peralatan se-Jawa Timur

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, mengikuti kegiatan Apel Gelar Peralatan BPBD Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang digelar di Pantai Boom Kabupaten Banyuwangi.

Apel gelar peralatan dihadiri oleh, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Deputi Bidang Logistik Lilik Kurniawan, sejumlah pejabat BNPB, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, sejumlah Kalaksa BPBD Provinsi se-Indonesia dan Kalaksa BPBD Kabupaten/Kota Se- Jatim dan Kalaksa BPBD Kabupaten/Kota Se- Bali serta BPBD Kabupaten/ Kota Se- Jatim,

Hal itu dikatakan oleh, Kalaksa BPBD Kabupaten Tulungagung, Robinson Parsaoran Nadeak melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Tulungagung,Gilang Zelakusuma. Selasa, (16/07/2024).

Dalam kegiatan di Pantai Boom tersebut, BPBD Kabupaten Tulungagung mengirimkan 13 personel untuk mengikuti berbagai perlombaan.

“Kegiatan Gelar Peralatan BPBD Se- Jatim ini, berlangsung selama empat hari yaitu, mulai tanggal 13 sampai 16 Juli 2024. Yang mana pada hari pertama kemarin telah dilaksanakan lomba ketangkasan mendirikan tenda pengungsi,” Kata Gilang.

“Gelar peralatan ini sangat penting sekali, karena keberhasilan penanganan bencana itu 73 persen ditentukan oleh kesiapan logistik dan peralatan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyampaikan bahwa, jumlah kejadian bencana dan ragam jenis bencana terus berkembang setiap tahun. Oleh karena itu, aksi gelar peralatan ini dinilai penting sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

BNPB berencana akan menggelar kegiatan serupa di provinsi lain sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana secara nasional, dengan peserta dari semua provinsi.

Pihaknya, juga memberikan bantuan dana siap pakai (DSP) sebagai dukungan operasional penanganan siaga darurat bencana kekeringan kepada Pemprov Jatim dan Kabupaten Banyuwangi.

Masing-masing bantuan senilai Rp 250 juta. Bantuan yang sama juga diberikan kepada 22 BPBD kabupaten/kota di Jatim, dengan besaran masing-masing Rp 200 juta.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengungkapkan bahwa, pihaknya memastikan gelar peralatan kali ini akan menjadi momentum dalam menyempurnakan dan mengupgrade peralatan yang ada. Khususnya, memastikan kesiapsiagaan Jatim dalam menghadapi bencana. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait