BPKAD Sorsel Gelar Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) gelar Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Daerah bagi Pengurus Barang di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkungan Pemkab Sorsel.
Kegiatan yang berlangsung di Hotel Mratuwa Sesna Teminabuan, Kamis 19/10/2017 dengan tujuan untuk memperkuat kapasitas pengelola barang milik daerah berlangsung tertib dan lancar.

Acara yang diselenggarakan oleh Bidang Aset Daerah bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, dibuka secara resmi oleh Pemda Sorsel yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sorsel, Yonas Howay, SE.

Tri Husodo Narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Papua Barat, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan penguatan kapasitas bagi pejabat pengelola barang ini sangat perlu, karena bisa saja tidak dipersiapkan secara baik pengkaderan dari pejabat sebelumnya. Maka ketika terjadi pergantian pejabat, lanjutnya, sangat perlu diadakan pelatihan seperti ini untuk mengisi kekosongan atau menambah pengetahuan dan kapasitas bagi bendahara pengelola barang daerah yang baru.

Menurutnya Kabupaten Sorsel,termasuk salah satu daerah terbaik dan hal ini harus terus dipertahankan. Selain itu ditambahkanya, salah satu faktor terjadinya penurunan perolehan opini bisa disebabkan karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki masih terbatas.

Lebiih lanjut dirinya menyampaikan bahwa kebutuhan SDM yang ada hendaknya dipersiapkan.
“ Kadang-kadang karena karakter masing-masing individu berbeda, pejabat pengelola barang hanya dia yang tahu soal aturan dan mekanisme pengelolaan aset barang daerah, sehingga untuk mengisi kekosongan, sangat perlu dilaksanakan kegiatan pelatihan seperti ini,” jelasnya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sorsel, Yonas Howay, SE dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengharapkan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan cermat, sehingga dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik di lingkungan kerja masing-masing.

Selain itu dirinya meminta agar kegiatan seperti ini terus dilaksanakan secara berjenjang di waktu mendatang, sehingga para pejabat terkait benar-benar dapat ditingkatkan SDM-nya dan dapat bekerja secara benar dan tepat sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

Kabid. Aset BPKAD Kabupaten Sorsel Marthen Antoh, SE selaku penyelenggara kegiatan dalam keterangannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi peningkatan kapasitas SDM bagi semua pejabat pengelola barang daerah.

Diharapkan agar dengan kegiatan ini, peserta benar-benar semakin memahami tugas pokoknya dalam mengelola semua barang milik daerah yang ada di OPD masing-masing.
“Kita berharap juga ke depan semua barang-barang atau aset daerah dapat terdata dan terdeteksi secara baik, serta dilaporkan keberadaannya dan dipelihara dengan baik,” tandasnya.(Engelberto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *