BPS Jawa Timur Tingkatan Literasi Diseminasi Jurnalis dan Mahasiswa

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Dalam rangka meningkatkan literasi berupa pemahaman dan keterampilan para jurnalis dan agen statistik dalam membaca, menganalisis, dan memanfaatkan data statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur menggelar workshop bertajuk “Peningkatan Literasi Diseminasi dan Pelayanan”, Rabu (2/10/2024).

Bertempat di Aula Kantor BPS Provinsi Jawa Timur, kegiatan yang diikuti puluhan jurnalis dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur ini dibuka Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Zulkipli.

Zulkipli mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan jurnalis dan mahasiswa yang tergabung dalam agen statistik melalui diseminasi pelayanan data statistik sebagai bahan berita atau penelitian yang dipublikasikan bagi masyarakat umum.

Diungkapkan, ada banyak data yang harus dijadikan materi dan perlu disampaikan kepada jurnalis dan agen-agen statistik. Namun untuk sementara ini dibatasi hanya yang terkait dengan Berita Resmi Statistik (BRS), yang setiap bulan disampaikan BPS ke publik.

“Kami berharap melalui workshop ini berbagai informasi yang perlu kami sampaikan ke publik melalui berita atau penelitian dapat disampaikan dengan benar dan sesuai dengan apa yang dimaksudkan BPS,” harapnya.

Sejumlah pokok bahasan yang disampaikan dalam workshop ini adalah materi perekonomian untuk pembangunan daerah, luas panen padi, potret kemiskinan serta perkembangan inflasi dan ekspor-impor Jawa Timur.

Selain itu juga sosialisasi Halo PST dan website baru BPS Jawa Timur yang memberikan kemudahan bagi pengguna seperti masyarakat umum, jurnalis dan mahasiswa.

“Dengan Halo PST dan website baru ini tentu akan semakin memudahkan penggunanya dalam mencari data statistik yang dibutuhkan,” ujar Zulkipli.

Tidak hanya itu, peserta workshop juga bisa bertanya kepada pemateri terkait proses dan pencatatan data statistik, sehingga bisa menjadi data yang disampaikan saat BRS.

“Mungkin ada dari rekan-rekan jurnalis maupun agen statistik yang ingin mengetahui bagaimana cara kerja ataupun pencatatan data statistik sehingga bisa dijadikan bahan saat BRS,” ucapnya.

Bahkan, bagi para agen statistik, hal tersebut juga bisa dijadikan penelitian, karena BPS memiliki data lengkap dalam berbagai format seperti terkait kependudukan, pertanian, ekspor impor dan lain sebagainya.

“Semoga melalui workshop ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan jurnalis dan agen statistik di Surabaya,” imbuh Zulkipli.

Zulkipli juga berharap melalui acara ini bisa mendorong kolaborasi antara pemerintah dan media maupun masyarakat dalam menggunakan data statistik sebagai dasar pengambilan keputusan.

“Ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan BPS untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik, sejalan dengan semangat BPS untuk “Bangga Melayani Bangsa” dan menciptakan diseminasi data yang lebih inklusif serta transparan,” pungkasnya. (Gan)

Teks Foto: BPS Provinsi Jawa Timur bersama jurnalis dan mahasiswa di acara Workshop Peningkatan Literasi Diseminasi dan Pelayanan, Rabu (2/10/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait