Bupati Melteng Apresiasi Deklarasi ODF Di Negeri Yafila

  • Whatsapp

MASOHI, beritaLima.com,-Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan ke-72 Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua yang diwakili oleh Asisten I Sekda Malteng, Wem Istia menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Negeri Yafila, Jumaat (10/11).

Negeri pertama yang mendeklarasikan ODF ini, mendapat apresiasi dari Bupati Malteng.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya kegiatan ini sebagai bukti keberhasilan dan pengakuan dari para pihak terkait terhadap kesungguhan masyarakat dan pemerintah Negeri Yafila dalam mengakses sarana sanitasi 100 persen,” Jelas Bupati.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Assiten I Sekda ini mengungkapkan, pembangunan kesehatan yang di amanatkan dalam uu. No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, antara lain menyatakan bahwa, “pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sehubungan dengan itu, saya berharap agar kita tidak terlena dan puas dengan kondisi faktual saat ini dimana masyarakat Maluku Tengah sudah dapat dengan mudah mengaskes layanan kesehatan yang memadai.

Hal ini perlu saya sampaikan, mengingat pada hari ini kita menyaksikan salah satu keberhasilan dari upaya kita bersama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui Deklarasi Negeri Yafila dinyatakan sebagai negeri yang bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan yang berarti warga masyarakat Negeri ini telah merasa nyaman dan diharapkan selalu menunjukan perilaku hidup bersih dan sehat.

Bupati berharap, “melalui deklarasi Negeri ODF atau Stop BABS yang bertepat dengan peringatan hari Pahlawan, 10 November 2017 di hari ini kiranya dijadikan sebagai momentum bagi kita semua untuk memantapkan persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong dan bahu membahu dalam mewujudkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat demi peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan kita bersama,”Harapnya

Deklarasi Negeri ODF yang dihadiri oleh Asissten I Sekda Malteng, Wem Istia, Kepala Dinas Kesehatan, dr Jeny Adijaya dan unsur Muspika serta undangan yang hadir berjalan penuh hikmat. (Jossy)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *