Bupati Sampang Hadiri Peresmian Pemancangan Pertama JLS

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Bupati Sampang H.Slamet Junaidi terus inten memantau jalannya proses pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS), setelah sebelumnya beberapa kali melakukan inspeksi mendadak (Sidak), kini orang nomor satu di Kabupaten Sampang itu menghadiri langsung peresmian pemasangan tiang pancang pertama Mega proyek ratusan Milyar tersebut, Senin (14/2/2022).

Dalam laporannya Kepala Dinas PUPR R.P.Muhammad ZIS mengungkapkan jika pembangunan proyek Jalan Lingkar Selatan (JLS) itu memiliki panjang 6,4 km, “Jalan lingkar selatan ini dibangun dengan anggaran sebesar 199,75 M dengan panjang ruas 6,4 km yang bertitik awal di Jalan Makboel kemudian titik akhir Jalan Pangongsean Kecamatan torjun, ” ungkapnya.

Selain itu Ia juga menerangkan bahwa pembangunan JLS akan dirampungkan kurang lebih dalam jangka waktu satu tahun melalui sejumlah tahapan proyek yang telah direncanakan, “Pengerjaan JLS dilakukan selama 371 hari, kontrak dimulai sejak 16 Desember 2021 dan akan berakhir pada 21 Desember 2022,” terangnya.

Terakhir ZIS menutup laporannya dengan menyampaikan sejauh mana progres pembangunan JLS pada minggu ini, “Progres pembangunan JLS perminggu ini mencapai 5,64% dimana telah dilakukan land clearing dan pekerjaan bangunan bawah jembatan serta pengerasan jalan telah dilakukan pembersihan lokasi dan timbunan dengan urugan pilihan,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Bupati Sampang Aba Idi mengungkapkan rencana pembangunan JLS itu sebenarnya telah ada sejak lama, namun dalam realisasinya baru dapat dilakukan pada tahun ini.

“Direncanakan sejak 2007 tapi tidak ada pergerakan, baru tahun 2020 kami mencari jalan agar bisa JLS bisa direalisasikan, pembebasan lahannya pun sudah kami rampungkan di tahun 2020 sampai akhirnya kita mulai pembangunannya tahun ini,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan JLS itu merupakan salah satu proyek penting untuk dibangun di Kabupaten Sampang untuk mengurangi beban jalan akibat kendaraan besar yang masuk ke jantung kota.

“Pengembangan kota sangat dibutuhkan, karenanya JLS ini kita selesaikan bersama agar kendaraan besar yang melewati Kabupaten Sampang nantinya bisa lewat jalan ini sehingga mengurangi beban jalan perkotaan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Aba Idi juga mengungkapkan harapannya terkait dampak realisasi pembangunan JLS di Kabupaten Sampang agar dapat dirasakan oleh masyarakatnya, “Ini adalah koneksi dari 2 jalan Kecamatan torjun dan sampang , mudah-mudahan apa yang kita rencanakan ini bisa segera bermanfaat untuk masyarakat sampang dan madura pada umumnya,” tutupnya.

Sekedar untuk diketahui, turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sampang, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sampang, jajaran kepala OPD, Direktur PT Asri Karya Lestari dan PT Dua Putri Kedaton selaku pelaksana serta para Kiai atau Ulama dan Tokoh Masyarakat di Titik Akhir Jalan Lingkar Selatan, Jalan Raya Pliyang Pangongseyan. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait