Bupati Sorsel : Pemda Sorsel Anggarkan APBD 10 Milyar Untuk Perjuangan DOB Imekko

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita Lima.com – Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan telah mengalokasikan dana APBD tahun 2017 sebesar 10 miliar rupiah untuk mekarkan Daerah Otonom Baru (DOB) Inanwatan, Metemani, Kais dan Kokods atau yang lebih dikenal dengan IMEKKO.

Demikian ditegaskan Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, SE dalam sambutannya pada acara Pertemuan Pemangku Kepentingan (stake holder) di Kampung Benawa I, Distrik Kais, Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat, baru-baru ini.

Dikatakan Bupati, dalam memperjuangkan satu DOB tidak semudah membalik telapak tangan, namun membutuhlan perjuangan yang serius dari seluruh masyarakat Imekko dan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), tentunya ini dibutuhkan perjuangan yang sangat serius agar DOB imekko ini bisa terwujud.

Lanjut Bupati, memang duluh dimana 10 tahun yang lalu ada yang mengurus dan mewacanakan pembentukan Imekko menjadi kabupaten sendiri yang terlepas dari kabupaten induk Sorong Selatan, dan yang lucunya cuman hanya mengalokasikan anggaran untuk pemekaran Imekko 200-500 juta rupiah, memangnya ini untuk mengurus pemekaran kampung kah, ujar Bupati.

“ Untuk itu,pemda Sorsel dalam tahun anggaran 2017 telah mengalokasika dana sebesar 10 miliar rupiah dan sudah disetujui oleh DPRD Sorsel,” ujar Bupati sontak disambut dengan riuh tepuk tangan dari warga tiga suku Kaiso, Iwaro dan Awe”e yang merupakan distrik dari Menemani dan distrik Kais Pantai.

Dikatakan Bupati, Pemerintah Provinsi Papua Barat juga sangat mendukung pemekaran DOB Imekko dan sekarang menunggu pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Jokowi agar bisa menandatangani SK pemekaran sekaligus mencabut moratorium agar pemekaran diseluruh Indonesia bisa terbentuk, tegas Bupati. (MT)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *