Bupati Sumenep Ajak ASN dan Masyarakat Perkuat Idiologi Pancasila

  • Whatsapp

SUMENEP, beritalima.com|Pemerintah  Kabupaten Sumenep menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Adirasa Desa Kalianget Timur Kecamatan Kalianget, Selasa (01/10/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dan Komandan Upacara Kapten ARM. Muansari, Danramil XVI Kecamatan Gapura dan Pembaca Ikrar Ketua DPRD Sumenep, Hamid Ali Munir.

Bupati Sumenep, DR. KH A. Busyro Karim, MSi. Mengatakan, memperingati Hari Kesaktian Pancasila tidak hanya sebatas melaksanakan upacara semata, namun yang terpenting, semua elemen di Kabupaten Sumenep menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Itu dilakukan agar semangat hari kesaktian Pancasila menjadi landasan untuk mempersatu masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan agama.

“Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat harus mempunyai kesadaran untuk menerapkan, memperkuat dan melaksanakan Pancasila sebagai ideologi bangsa, sehingga siapapun tidak boleh mempertanyakan atau mengganti Pancasila dengan ideologi lain,” tegas Bupati pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Ia menyatakan, manakala dalam proses pembangunan bangsa dan negara ada kekurangan, jangan sampai muncul gerakan untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain. Namun, sebaiknya melakukan pembenahan dan pergantian para pelaku pembangunan dengan orang lain, yang mempunyai komitmen serta kualitas untuk menyukseskan program pemerintah.

“Kita sebagai generasi bangsa penting mempertahankan ideologi Pancasila dalam mengisi pembangunan saat ini, bahkan harus berfikir jernih agar mampu memahami konteks permasalahan bangsa, bahwa jika ada permasalahan dalam membangun bangsa tidak harus mengganti ideologi Pancasila,” imbuh Bupati dua periode ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, juga menyerahkan bantuan peralatan media pendidikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan pembinaan SMP, berupa satu paket peralatan matematika, peralatan laboratorium IPA untuk fisika dan biologi, peralatan laboratorium Komputer dan peralatan IPS kepada SMPN 3 Sapeken, SMPN 2 Kalianget, SMPN 1 Saronggi, SMPN 1 Guluk-guluk dan SMPN 1 Batang-batang.

Bupati mengungkapkan, seluruh elemen di Kabupaten Sumenep di era gempuran teknologi dan informasi harus mampu menyaring semua konten informasi di berbagai media sosial, supaya tidak mudah terpapar paham yang ingin merusak persatuan dan kesatuan.

“Saya mengajak semua ASN dan masyarakat mempunyai tanggung jawab mempertahankan ideologi Pancasila. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari harus menerapkan nilai-nilai Pancasila, supaya timbul rasa nasionalisme,” pungkasnya.

(**An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *