Bupati Trenggalek Resmikan Jembatan Bhinneka Tunggal Ika dan TPS 3R di Desa Banaran

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Rampung dibangun, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin resmikan Jembatan Guyangan atau yang disebut dengan Jembatan Bhinneka Tunggal Ika. Infrastruktur tersebut menghubungkan tiga desa di Kecamatan Tugu yaitu Gondang, Winong, dan Banaran.

Memiliki bentang 45×5 meter, jembatan yang menghabiskan anggaran sekitar 5 miliar rupiah ini dibangun tanpa menggunakan tiang penyangga tengah.

Sedangkan untuk nama ‘Jembatan Bhinneka Tunggal Ika’ sendiri disematkan oleh KH. Sulaiman, pengasuh Pondok Pesantren Al Badar Desa Gondang.

“Jadi ini termasuk proyek yang kemarin dibiayai investasinya oleh PT. SMI, jadi kita memang punya effort di sini untuk bisa mewujudkan jembatan ini,” ungkap Nur Arifin pada Rabu, 8 November 2023.

Pembangunan jembatan dimaksud, sambung dia, sebenarnya telah diusulkan sejak lama. Namun dikarenakan kondisi fiskal pemerintah daerah saat itu belum memungkinkan, akhirnya baru rampung dibangun tahun ini. Sedangkan untuk konstruksi teknisnya, dibangun menggunakan beton precast.

“Sehingga, spesifikasi teknisnya memang tidak main-main. Sedangkan untuk alasan tanpa tiang penyangga tengah, dimaksudkan guna meminimalisir resiko kerusakan akibat banjir,” jelasnya.

Selain jembatan, Nur Arifin juga sekaligus meresmikan fasilitas TPS 3R di Desa Banaran. Harapannya, kepada ibu-ibu yang disebut sebagai ‘green angel’ akan mampu mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat. “Ibu-ibu ini kreatif, tahu kalau di sini banyak pembudidaya ikan, maka nanti sampahnya dikelola dengan mekanisme magot. Sehingga menjadi produk organik-organik melalui mekanisme magot,” lanjut kepala daerah muda itu.

Nanti, masih sebut dia, sebagian di olah untuk dijadikan pupuk. Mengingat, daerah sini juga berbasis pertanian serta perkebunan. Kemudian, pada beberapa titik sudah tersedia pula bank sampah yang digunakan sebagai lokasi pendayagunaan sampah bernilai jual.

“Sampah-sampah yang bernilai jual sudah didayagunakan di bank sampah,” imbuhnya.

Kedepan, tambah suami Novita Hardini ini, terkait penanganan sampah yang tidak bisa diolah tetap akan dikaji lebih dalam lagi. Sehingga cita-cita Kabupaten Trenggalek di tahun 2030 atau 2045 benar-benar mampu menjadi kota dengan nol persen sampah dan polusi.

“Tetap dikaji lebih dalam lagi terkait sampah yang tidak bisa diolah. Sehingga kedepannya Trenggalek mampu menjadi kota tanpa sampah dan polusi,” harap Nur Arifin. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait