‘Calon Pemimpin Bangsa’ Dibekali Keterampilan Menulis

  • Whatsapp
PEGIAT Forum Aktif Menulis Indonesia memberikan materi penulisan kreatif untuk peserta Ramadhan Leadership Camp FIM Sumbar

RAMADHAN LEADERSHIP CAMP ALA FIM SUMBAR
PADANG – Forum Indonesia Muda (FIM) Sumatra Barat membekali keterampilan menulis kreatif kepada pengurus OSIS dan Pramuka se-Sumatra Barat, Ahad (4/6), di Asrama Haji Padang.

Sebanyak 31 siswa dari 25 sekolah favorit di Sumatra Barat mengikuti kegiatan itu. Materi disampaikan Muhammad Subhan, Penulis dan Pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Koordinator FIM Sumatra Barat, dr. Poby Karmendra, di sela-sela kegiatan mengatakan, pelatihan penulisan kreatif satu dari beberapa kegiatan ‘Ramadhan Leadership Camp’ yang digelar FIM Sumatra Barat bekerjasama dengan MAXIMA Indonesia selama tiga hari, 2-4 Juni 2017.

“Kami menawarkan kegiatan alternatif kepada remaja untuk mengisi Ramadhan dengan aktivitas yang lebih bermanfaat,” kata Poby didampingi Tia Muhamad Reza, Tim MAXIMA Indonesia dan Rany Dwi Utami, Ketua Panitia yang juga Duta Bahasa Provinsi Sumatra Barat.

Diungkapkan Poby, kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin bangsa yang berintegritas, peduli dan berempati serta mampu menjawab berbagai persoalan bangsa.

“Menuangkan gagasan lewat tulisan membentuk kecakapan mereka sebagai pemimpin yang berkarakter kelak,” tambah Poby.

Sementara Muhammad Subhan mengatakan, sebelum menulis pemula harus membekali diri dengan rutin membaca buku minimal 100 halaman sehari. Banyak membaca akan memudahkan tangan menulis.

“Baca sebanyak mungkin buku, lalu membiasakan diri menulis setiap hari,” kata Muhammad Subhan yang juga Koordinator Forum Pegiat Literasi Padangpanjang dan penulis sejumlah buku.

Selain memberikan teori dan motivasi, pada kesempatan itu peserta juga diarahkan langsung praktik menulis puisi dan cerita pendek. Di sesi latihan peserta tampak antusias dan hasilnya seluruh peserta ternyata memiliki kemampuan dasar menulis yang cukup baik.

“Ini tinggal diasah, sedikit lagi, serius lalu fokus,” kata Muhammad Subhan setelah membaca karya peserta.

Dua hari sebelumnya, peserta dibekali sejumlah materi yang tak kalah menarik, di antaranya memahami karakter pemimpin, membuat konsep diri, manajemen konflik, manajemen organisasi, memahami gaya hidup di era digital, hingga membuat perencanaan hidup.

Materi-materi itu diisi oleh pakar-pakar di bidangnya, di antaranya Defri Hanas, S.T (Pimpinan Dompet Dhuafa Singgalang), Denni Pratama, S.Hum (Aktivis FIM Sumbar), Musfi Yendra, S.I.P., MSI (Direktur Mart), Muhammad Ihsan, S.T., M.M (Manager Custumer Service Telkom Sumatra Barat).

Selain itu Iskandar Zulkarnaen Lubis, S.T., M.M (Corporate Secretariat Semen Padang), Rahmat Saleh, S.Farm (anggota DPRD Provinsi Sumbar), Suci, S.E (Pegadaian Padang), dan Reza Sadat Syahmeine, S.E., M.M (Kepala Kantor IDX Padang).

Tampil sebagai Keynote Speaker Hj. Emma Yohanna, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) R.I yang berasal dari Daerah Pemilihan Sumatra Barat. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *