Dandim Gresik Tanam Padi Bersama Petani

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com – Rabu (5/7/2017) pagi, merupakan hari yang sangat istimewa bagi masyarakat Benjeng, terutama warga tani Desa Jogodalu, Gresik. Pasalnya, hari itu mereka melakukan penanaman padi serentak bersama dengan Komandan Kodim 0817/Gresik, Letkol Kav. Widodo Pujianto, SH, beserta komponen staf jajarannya termasuk Muspika Kec. Benjeng.

Penanaman padi secara serentak adalah bagian dari program TNI AD. Yang bertujuan meningkat tarap hidup masyarakat tani dan mendukung menyukseskan program nasional dalam swasembada pangan.

Letkol Kav. Widodo Pujianto mengatakan, tanam padi serempak yang di laksanakan TNI AD dari Kodim 0817/Gresik bersama Muspika Kec. Benjeng, adalah bentuk kesungguhan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani lewat swasembada pangan.

Swasembada pangan yang menjadi atensi utama pemerintah dengan program ketahanan pangan, sangat bersentuhan langsung dengan kehidupan para petani, sehingga dengan demikian pemerintah melalui TNI Angkatan Darat serta segenap para Babinsa langsung memberi penyuluhan dengan melibatkan berbagai dinas terkait UPT Dinas Pertanian di masing-masing wilayah. Komandan Kodim 0817/Gresik sebagai komandan kewilayahan teritorial, turun langsung memimpin jalannya tanam padi serempak dengan mengajak segenap pejabat Kodim, Muspika, Dinas Pertanian, UPT Dinas Pertanian.

Selesai melaksanakan penanaman padi serentak rombongan langsung meninggalkan lokasi penanaman padi, menuju Waduk Jogodalu, sembari meninjau waduk sebagai persediaan pengairan untuk pertanian. Dandim Gresik melakukan elitasi dengan Kepala Desa Jogodalu terkait pembinaan kepada para petani dalam meningkatkan produksi gabah dari hasil pembinaan bersama antara Babinsa, Kecamatan juga berbagai unsur Dinas terkait dalam menanggulangi berbagai ancaman yg hendak di hadapi para petani dan cara penangannya.

Dandim Gresik beserta rombongan saat tiba di Balai Desa Jogodalu memberikan pengarahan dan diskusi kepada Gakpoktan Desa Jogodalu tentang program Pemerintah “ketahanan pangan” di wilayah Gresik yang dilanjutkan sambutan Kepala Desa dan Sekcam Kec. Benjeng, hingga selesainya kegiatan.

Masyarakat sangat antusias dalam menyambut program pemerintah tersebut. Masyarakat sangat mengharapkan agar ke depan Babinsa tetap memberikan pendampingan kepada para petani, karena dengan pendampingan yang di berikan TNI Angkatan Darat sangat bermanfa’at dalam pengelolaan lahan pertanian termasuk dalam penyediaan pupuk. Selain itu masyarakat merasakan lebih nyaman dalam memanen dan menjual gabah hasil panen. (Abd)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *