Danlanud Biak: Kampung Wersar Sorsel Obyek Destinasi Wisata Perjuangan

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Manuhua Biak, Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, M.Si (Han),menjadikan kampung Wersar Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan ( Sorsel) Provinsi Papua Barat sebagai Kampung Wisata Perjuangan.

Pernyataan ini disampaikan Danlanud saat melakukan ziarah bersama ke Tugu Merah Putih yang terletak di kampung Wersar Distrik Teminabuan usai pelaksanaan upacara peringatan hari pahlawan dilapangan Trinarti Teminabuan beberapa hari yang lalu yang diwarnai dengan atraksi 40 penerjun payung dari Paskhas TNI AU dan 3 diantaranya mendarat tepat dilokasi Tugu Merah Putih.

Menurutnya TNI AU akan mengembangkan kampung Wersar sebagai Kampung Wisata Perjuangan
“ Untuk itulah kami TNI AU akan mengajukan kampung wersar sebagai Kampung Wisata Perjuangan dan menjadikan destinasi wisata perjuangan di situs ini,bahkan kami akan menggelar iven nasional yang wajib diperingati setiap tahunnya,”terangnya.

Saya menyampaikan puji syukur karena dihari Pahlawan tahun ini TNI AU dan masyarakat Sorong Selatan dapat berkumpul untuk mengenang peristiwa 55 tahun silam dengan perasaan bahagia,haru dan bangga.
Dirinya menyampaikan ucapan terimah kasih kepada warga kampung wersar yang telah menyambut TNI AU dengan baik,dijelaskan pihaknya hadir di Wersar untuk berbaur bersama masyarakat setempat.

Lebih lanjut ungkapnya bahwa di kampung Wersar terdapat Tugu Sejarah yang paling penting dalam sejarah Republik Indonesia khususnya di tanah Papua.
“ Disini telah dikibarkan untuk pertama kali Bendera Merah Putih sehingga Papua kembali ke Pangkuan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh Pasukan Gerak Tjepat AURI,”ungkapnya.

Dirinya menyampaikan pesan kepada masyarakat setempat untuk menjaga dan memeilihara situs sejarah ini.
Dalam ziara kali ini dihadirkan pelaku sejarah diantaranya Lettu Purnawirawan Kusmari dan Peltu Rebo Hartono yang mana ditahun 1962 lalu terlibat sebagai Penerjun Payung dalam Operasi Tri Komando Rakyat oleh Pasukan Gerak Tjepat (PGT) yang sekarang dinamakan Paskhas TNI AU dibawah Pimpinan Komandan Peleton LU II Soehadi ( Anumerta ) pada tanggal 19 Mei 1962.

Menanggapi apa yang disampaikan Danlanud Biak Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli,SE merespon serta mendukung program TNI AU untuk menjadikan Kampung Wersar menjadi kampung wisata perjuangan
Bupati Samsudin meminta Warga kampung Wersar untuk tidak menghalang halangi program pembangunan di Wersar sehingga dirinya meminta warga pemilik hak ulayat agar bersedia menyerahkan tanah sehingga pengembangan kampung wisata perjuangan ini dapat bangun di Wersar,” jelas Bupati.

Merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Sorong Selatan karena dihari ini Pasukan Khusus TNI AU melakukan Terjun Payung di Teminabuan dan di Lokasi Tugu Merah Putih Wersar.
Selain itu bupati juga menyampaikan terimah kasih yang sebesar besarnya bagi 2 pelaku sejarah yang turut hadir bersama warga wersar merayakan hari pahlawan kali ini.

Dalam acara ini Danlanud Manuhua Biak menyerahkan sebuah Prasasti Tugu Merah Putih kepada Bupati Samsudin Anggiluli,SE untuk diletakan pada Tugu Merah Putih Wersar.

Hadir dalam acara ini Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, Ketua DPR Provinsi Papua Barat Pieters Kondjol, SE.MA , Kapolres Sorong Selatan AKBP.Romylus Tamtelahitu,S.Sos,SIK,M.Krim, Kasiops Korem 171/PVT Kolonel Inf Anwar ,Kasiops Lantamal XIV Sorong Letkol laut Frangky ,Wakil Bupati Sorsel Drs Marthinus Salamuk, Wakil Bupati Maybrat Drs. Paskalis Kocu, M.Si, Ketua DPRD Sorsel Jefries N. Kewetare, SP Sekda Sorsel Dance Yulian Flassy,SE.M.Si,serta Ketua TP PKK Sorsel Ny Beatriks Anggiluli. (Engel Berto)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *