Danramil 0825/03 Glagah Turut Ramaikan Pagelaran Ritual Adat Seblang

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Dalam rangka pelaksanaan Ritual Adat Seblang Bakungan Desa Bakungan Kecamatan Glagah, Danramil 0825/03 Glagah Kapten Czi Sahar Susanto turut serta hadir dalam acara ritual adat Seblang yang dilaksanakan di Kelurahan Bakungan Kecamatan Glagah.

Ritual adat Seblang Bakungan yang digelar masyarakat Using Banyuwangi tersebut adalah tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun tersebut digelar di Balai Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, tepatnya satu minggu pasca hari raya Idul Adha.

Seblang Bakungan tersebut merupakan rangkaian tarian yang dibawakan oleh wanita tua dalam kondisi trans atau kehilangan kesadaran.

Ritual ini merupakan upacara penyucian desa untuk bersyukur kepada Allah dan memohon agar seluruh warga desa diberi ketenangan, kedamaian, keamanan dan kemudahan dalam mendapatkan rezeki halal, serta dijauhkan dari segala mara bahaya.

Seblang sendiri adalah singkatan dari ‘sebele ilang’ atau sialnya hilang. Di Banyuwangi, seblang dapat ditemui di dua tempat, yakni Kelurahan Olehsari dan Bakungan.

Sebelum seblang dimainkan, diawali tumpengan bersama warga di sepanjang jalan menuju Bakungan yang dimulai seusai maghrib. Sebelumnya warga sholat maghrib dan sholat hajat di Masjid desa. Lalu dilanjutkan parade oncor (obor) keliling desa (ider bumi). Selanjutnya, di bawah temaram api obor warga desa makan tumpeng bersama di sepanjang jalan desa.

Sedangkan seblang itu sendiri ditarikan oleh Supani, seorang wanita berusia 68 tahun yang telah menari seblang selama lima tahun berturut-turut. Supani merupakan keturunan Seblang Misna yang telah pensiun menjadi seblang 15 tahun yang lalu.

Dalam ritualnya, setelah dibacakan mantra dan doa, sesaat kemudian seblang langsung kerasukan roh dan menari mengikuti irama gending yang mengiringinya. Selama semalam suntuk, penari seblang akan menari dengan diiringi puluhan gending. Diantaranya, kodok ngorek dan seblang lukinto.

Menurut Kapten Czi Sahar Susanto Danramil 0825/03 Glagah mewakili Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Inf Ruli Nuryanto yang hadir dalam ritual seblang Bakungan tersebut mengatakan,” Ritual adat Seblang Bakungan yang dilaksanakan ini adalah tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun, tepatnya satu minggu pasca hari raya Idul Adha, tradisi ritual adat Seblang ini menjadi salah satu ritual masyarakat Osing, Seblang adalah ritual adat tradisi yang dilakukan untuk penyucian Desa atau bersih desa dan penolak bala, selain itu sebagai bentuk syukur masyarakat Desa Bakungan terhadap nikmat dan kesejahteraan yang diberikan sang pencipta kepada masyarakat desa, yang diwujudkan dengan sebuah tarian mistik/magis Seblang, dan dalam kegiatan tradisi Seblang ini kami mengerahkan personel Koramil 0825/03 Glagah bergabung dengan Polsek Glagah, Sat Pol PP dan Linmas untuk melaksanakan pengamanan demi lancarnya acara tradisi ritual adat tersebut (Abi/Pen25)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *